Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Benda di Dapur yang Bisa Jadi Tempat Tumbuhnya Jamur

Kompas.com - 08/01/2021, 16:44 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur seharusnya menjadi ruang yang berfungsi untuk menciptakan segala masakan, makanan, maupun minuman yang lezat, bukan menjadi tempat berkembang biaknya jamur.

Namun, karena memiliki kelembaban yang tinggi, sebuah ruang dapur menawarkan kondisi yang sempurna untuk tumbuhnya jamur, terkadang di tempat yang tidak terduga.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas beberapa benda yang ada di dapur yang berpotensi menjadi tempat tumbuhnya jamur.

Baca juga: Lantai Dapur Licin? Atasi dengan 6 Cara Ini

Dilansir beberapa sumber, Jumat, (8/1/2021), berikut ini 10 benda di dapur yang menjadi tempat bersembunyi jamur yang mungkin tak pernah kamu sadari.

1. Spons

Kamu mungkin ingin berpikir dua kali sebelum mengambil spons untuk mencuci piring atau menyeka meja dapur.

Spons dapur pada umumnya memiliki rata-rata sekitar 45 miliar bakteri per sentimeter persegi dan merupakan media yang sempurna untuk pertumbuhan jamur.

Untuk menghindari penyebaran jamur di dapurmu, letakkan sponsmu ke dalam mesin pencuci piring dengan siklus kering yang dipanaskan, idealnya setiap kali kamu menjalankan mesin pencuci piring. Kemudian ganti spons setiap dua minggu.

Baca juga: Kapan Harus Mengganti Spons Cuci Piring? Ini Penjelasannya

2. Mesin pencuci piring

Mesin pencuci piring seharusnya membersihkan dan mensterilkan semua piring kotor milikmu, tetapi karena melakukannya dengan menyemprotkan air ke balik pintu yang hampir selalu tertutup, alat ini dapat mudah berjamur.

Untuk mencegah jamur di mesin pencuci piring cukup sederhana, kamu hanya perlu biarkan pintu mesin pencuci piring tetap terbuka setelah siklus pencucian selesai berjalan sampai bagian dalamnya benar-benar kering.

3. Blender

Semua peralatan yang menangani cairan dan memiliki tutup yang rapat sudah matang untuk pertumbuhan jamur, salah satunya blender.

Untuk memastikanmu tidak menyajikan jus atau smoothie yang mengandung jamur, bersihkan blender setiap kali kamu menggunakannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com