Kompas.com - 22/01/2021, 15:12 WIB
Ilustrasi dapur, dapur minimalis SHUTTERSTOCK/ARCHI_VIZIlustrasi dapur, dapur minimalis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih meja yang tepat adalah salah satu aspek terpenting dari desain dapur. Sebab, tidak hanya faktor estetika, namun pemilihan meja dapur ini merupakan investasi jangka panjang yang bisa digunakan selama bertahun-tahun kemudian.

Selain desainnya, pemilihan material pun harus diperhatikan, apakah meja ini akanmenampung banyak makanan atau menampung banyak peralatan masak? Sebab, hal ini berhubungan dengan material yang akan dipilih.

Pun yang harus diingat adalah setiap material memiliki daya tahan panas dan noda yang berbeda-beda.

Baca juga: 6 Cara agar Dapur Tetap Tertata Rapi

Dilansir dari Real Simple, Jumat (22/1/2021), ada banyak material meja dapur yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan desain interior dapur masing-masing, sebagai berikut:

1. Marmer

Jika ingin memberikan kesan mewah pada dapur, marmer menjadi pilihan yang cocok. Marmer lebih lembut daripada batu alam lainnya, untuk itu harus berhati-hati dengan goresan.

Masalah lainnya adalah marmer memiliki sifat keropos, sehingga ketika ada tumpahan akan meresap cepat dan tidak bisa dibersihkan.

Namun, kelebihan marmer selain memberikan kesan mewah adalah ia dapat mempertahankan suhu rendah secara alami, sehingga ketika memasak di dapur akan terasa lebih sejuk.

Baca juga: 6 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Renovasi Dapur, Apa Saja?

2. Granit

Meja granit telah menjadi standar selama bertahun-tahun karena merupakan batu alam dengan daya tahan yang tinggi. Granit tersedia dalam berbagai warna gelap dan terang dengan segala macam flek dan variasi.

Fitur unik lain dari granit adalah dapat dipotong dengan berbagai pilihan tepi, termasuk persegi, miring, ogee (berbentuk S), serta bullnose setengah dan penuh.

Meja granit hanya memerlukan sedikit perawatan, tetapi sebaiknya hindari produk pembersih yang keras. Membersihkan granit hanya membutuhkan sedikit sabun dan air.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X