Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/01/2021, 15:12 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih meja yang tepat adalah salah satu aspek terpenting dari desain dapur. Sebab, tidak hanya faktor estetika, namun pemilihan meja dapur ini merupakan investasi jangka panjang yang bisa digunakan selama bertahun-tahun kemudian.

Selain desainnya, pemilihan material pun harus diperhatikan, apakah meja ini akanmenampung banyak makanan atau menampung banyak peralatan masak? Sebab, hal ini berhubungan dengan material yang akan dipilih.

Pun yang harus diingat adalah setiap material memiliki daya tahan panas dan noda yang berbeda-beda.

Baca juga: 6 Cara agar Dapur Tetap Tertata Rapi

Dilansir dari Real Simple, Jumat (22/1/2021), ada banyak material meja dapur yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan desain interior dapur masing-masing, sebagai berikut:

1. Marmer

Jika ingin memberikan kesan mewah pada dapur, marmer menjadi pilihan yang cocok. Marmer lebih lembut daripada batu alam lainnya, untuk itu harus berhati-hati dengan goresan.

Masalah lainnya adalah marmer memiliki sifat keropos, sehingga ketika ada tumpahan akan meresap cepat dan tidak bisa dibersihkan.

Namun, kelebihan marmer selain memberikan kesan mewah adalah ia dapat mempertahankan suhu rendah secara alami, sehingga ketika memasak di dapur akan terasa lebih sejuk.

Baca juga: 6 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Renovasi Dapur, Apa Saja?

2. Granit

Meja granit telah menjadi standar selama bertahun-tahun karena merupakan batu alam dengan daya tahan yang tinggi. Granit tersedia dalam berbagai warna gelap dan terang dengan segala macam flek dan variasi.

Fitur unik lain dari granit adalah dapat dipotong dengan berbagai pilihan tepi, termasuk persegi, miring, ogee (berbentuk S), serta bullnose setengah dan penuh.

Meja granit hanya memerlukan sedikit perawatan, tetapi sebaiknya hindari produk pembersih yang keras. Membersihkan granit hanya membutuhkan sedikit sabun dan air.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com