Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanaman Hias yang Menyukai Cahaya Matahari Minim dan Tidak Langsung

Kompas.com - 28/08/2022, 10:30 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Cahaya atau sinar matahari adalah faktor esensial yang dibutuhkan tanaman. Namun, menyediakan jumlah cahaya yang tepat untuk tanaman bisa menjadi tantangan nyata.

Bahkan hal ini bisa terasa hampir mustahil di rumah dan perkantoran yang tidak memperoleh sinar matahari alami yang melimpah. 

Baca juga: 6 Tanaman Hias Terbaik untuk Balkon Rumah

Namun, kenyataannya adalah sebagian besar tanaman hias berasal dari hutan hujan tropis. Tanaman ini biasanya tumbuh di hutan yang teduh dan telah beradaptasi tumbuh subur tanpa sinar matahari langsung.

Dilansir dari Petal Republic, Minggu (28/8/2022), berikut tanaman hias yang menyukai cahaya matahari minim dan tidak langsung. 

Lidah buaya 

Ilustrasi tanaman lidah buayaUnsplash/Stephanie Harvey Ilustrasi tanaman lidah buaya
Tanaman lidah buaya terkenal di seluruh dunia karena khasiat obatnya. Sukulen ini berasal dari daerah kering dan tropis Arabia.

Lidah buaya telah digunakan selama ribuan tahun sebagai perawatan kulit dan masih banyak digunakan hingga saat ini.

Lidah buaya menghasilkan daun hijau abu-abu tebal dengan duri bergerigi putih kecil di tepinya. Tanaman hias ini dapat mentoleransi naungan, terutama jika Anda tinggal di iklim panas. 

Baca juga: 7 Tanaman Hias Ini Tidak Perlu Sering Dirawat, Ada Lidah Mertua

Anthurium

Anthurium adalah kelompok besar tanaman tropis yang beragam dalam keluarga Arum. Tanaman yang menakjubkan ini juga dikenal sebagai bunga flamingo atau daun renda.

Kebanyakan anthurium berkinerja sangat baik dalam kondisi teduh. Beberapa varietas, seperti Anthurium andraeanum, memiliki spathes merah atau merah muda mengkilap—daun khusus yang menarik serangga—dan paku bunga putih krem.

Selain itu, Anthurium clarinervium atau Anthurium crystallinum memiliki daun besar berbentuk hati seperti beludru dengan urat perak atau putih yang mencolok. 

Baca juga: Catat, Ini 5 Penyebab Tanaman Anthurium Layu 

Pakis Boston

Pakis juga merupakan salah satu tanaman dalam ruangan yang baik untuk kesehatan dengan membantu meningkatkan kelembapan udara.SHUTTERSTOCK/BENOIT BRUCHEZ Pakis juga merupakan salah satu tanaman dalam ruangan yang baik untuk kesehatan dengan membantu meningkatkan kelembapan udara.
Kebanyakan tanaman pakis tumbuh subur dalam cahaya naungan penuh dan pakis Boston (Nephrolepis exaltata) adalah salah satu varietas paling populer.

Pakis Boston berasal dari daerah tropis yang lembap di Amerika, termasuk Florida dan Meksiko. Sebagai tanaman hias, pakis Boston lebih menyukai naungan parsial atau cahaya tidak langsung yang terang.

Pakis Boston menghasilkan banyak daun hijau berbentuk pedang panjang dengan tepi berjumbai. Pakis Boston juga dapat membantu memurnikan udara di rumah dengan menghilangkan senayawa beracun seperti formaldehida, toluena, dan xilena. 

Baca juga: 7 Manfaat Tanaman Pakis Sarang Burung untuk Rumah

Chinese evergreen

Chinese evergreen (Aglaonema spp.) adalah sekelompok tanaman tropis mencolok dari keluarga Arum. Tanaman ini asli daerah tropis Cina, Indonesia, Jepang, dan Thailand.

Pohon Chinese evergreens tumbuh subur di hutan dan dapat tumbuh dalam naungan sebagian atau penuh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com