Kompas.com - 09/01/2022, 11:50 WIB
Ilustrasi tanaman pakis kaki kelinci. SHUTTERSTOCK/ROS FRASERIlustrasi tanaman pakis kaki kelinci.

JAKARTA, KOMPAS.com- Bird nest fern adalah sejenis tanaman pakis dikenal juga dengan nama pakis sarang burung.

Tanaman ini memiliki bentuk daun bergelombang yang cantik dengan warna hijau terang. Menjadikannya tambahan cantik didalam koleksi tanaman hiasmu.

Tak hanya memiliki bentuk yang eksotik, tanaman ini juga memiliki beragam manfaat dan kegunaan yang menarik.

Melansir dari Petal Republic, Sabtu (8/1/2022), tanaman ini berkembang biak dengan spora dan dapat tumbuh hingga tinggi 5 kaki dengan lebar 8 kaki di luar ruangan. Berikut ini adalah manfaat dan kegunaan dari tanaman bird nest fern.

Baca juga: 4 Cara Merawat Tanaman Pakis agar Tumbuh Hijau dan Subur

Pemurni udara

Beberapa tanaman hias memiliki manfaat sebagai pemurni udara dan mengurangi polutan berbahaya, salah satunya ialah tanaman pakis.

Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa pakis sarang burung walet mengurangi konsentrasi CO2 dari 2000 ppm ke tingkat yang lebih aman yaitu 800 ppm. Selain itu tanaman ini juga berperan dalam penurunan suhu dan kelembaban.

Baca juga: 6 Jenis Pakis Hias Cantik yang Cocok Dikoleksi di Rumah

Properti medis

Bird nest fern dikenal memiliki konsentrasi flavonoid bioaktif yang kaya. Studi menunjukkan bahwa komponen alami ini mungkin memiliki sifat antioksidan, antibakteri, dan anti-kanker.tanaman ini sudah digunakan dalam pengobatan tradisional.

Lotion yang dibuat dari ekstrak daun juga telah digunakan untuk mengobati demam, sementara infus daun telah digunakan untuk meredakan nyeri persalinan saat melahirkan.

Baca juga: Simak, Hama yang Sering Menyerang Tanaman Pakis Boston

Feng shui

Ilustrasi tanaman pakis sarang burung.SHUTTERSTOCK/PHUTTHARAK Ilustrasi tanaman pakis sarang burung.

Menurut feng shui tanaman adalah salah satu media untuk menangkal sha atau energi negatif. Untuk itu meletakkan tanaman hias pada sudut rumah dipercaya bisa membelokkan sha dari rumah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.