Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Jenis Tanaman Hias Tahan Kekeringan, Bisa Ditanam Saat Musim Kemarau

Kompas.com - 11/09/2023, 20:30 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Panas yang terik membuat banyak tanaman mati akibat kekeringan. Bahkan, tak jarang kita memilih untuk tidak menanam tanaman saat cuaca sedang panas.

Padahal keberadaan tanaman saat cuaca terik sangat dibutuhkan karena bisa memberikan kesejukan dan udara yang lebih bersih. Oleh karena itu, menanam tanaman yang tahan kekeringan bisa menjadi solusinya.

Sesuai dengan namanya, tanaman ini tidak memerlukan penyiraman rutin, sehingga bisa menghemat air di musim kemarau. Dilansir dari Southern Living, Senin (11/9/2023), berikut beberapa pilihan tanaman hias tahan kekeringan yang bisa ditanam saat musim kemarau.

Baca juga: 8 Tanaman yang Tahan Kekeringan untuk Diletakkan di Luar Ruangan

Lidah buaya

Tanaman ini termasuk tanaman sukulen. Daya tarik tanaman ini terlihat pada daunnya yang tebal dan warnanya hijau cerah.

Tanaman ini tidak perlu selalu disiram dan bisa tetap tumbuh meskipun cuacanya sangat panas. Selain menjadi tanaman hias, lidah buaya juga termasuk tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk mengobati luka bakar.

Ilustrasi bunga Angelonia.Shutterstock/ian al amin Ilustrasi bunga Angelonia.

Angelonia

Angelonia merupakan tanaman tropis, sehingga bisa tumbuh bahkan merah sepanjang musim panas. Tanaman ini memiliki bunga yang cantik berwarna biru, ungu, merah muda, dan putih yang mencolok.

Kekurangan saat menanam angelonia yaitu mudah terserang kutu daun, terutama di awal musim tanamnya. Maka dari itu, sebaiknya rutin semprotkan insektisida dua kali seminggu.

Baca juga: 15 Tanaman Hias yang Tahan Kekeringan, Bisa Hidup dengan Minim Air

Rudbeckia hirta

Jenis tanaman hias tahan kekeringan selanjutnya yaitu Rudbeckia hirta. Tanaman ini memiliki bunga yang mekar di awal musim panas.

Kelopak bunganya berwarna oranye-merah dengan bagian tengah terdapat bagian berwarna hitam keunguan yang menonjol. Warna dan bentuknya ini membuat Rudbeckia hirta terlihat sangat cantik.

Dianthus

Tanaman ini terkenal karena bunganya yang cantik dan daunnya berwarna unik yaitu biru kehijauan. Tanaman ini bisa tumbuh di daerah yang panas.

Tampilan yang cantik dan perawatan yang relatif mudah, membuat dianthus cocok menjadi tanaman hias yang ditanam di taman rumah.

Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Dapat Menghilangkan Polusi Udara di Rumah

Ilustrasi bunga lantanaShutterstock/Angel Tenan Ilustrasi bunga lantana

 

Lantana

Lantana merupakan tanaman hias yang bunganya berukuran kecil dengan kelopak rapat. Warnanya cantik menjadi daya tarik tersendiri.

Tanaman hias bisa tumbuh di musim kemarau, asalkan tanahnya subur, berdrainase baik, dan pH tanahnya sekitar 5,5 sampai 6,5.

Krokot

Tanaman hias tahan kekeringan lainnya yaitu krokot. Saat mekar, bunga krokot mirip seperti mawar.

Baca juga: 5 Tips Merawat Tanaman Hias di Pot Saat Cuaca Panas

Biasanya, bunga ini mekar saat cahaya terang. Tanaman hias ini akan tumbuh subur di daerah bersuhu tinggi dan mendapatkan sinar matahari terik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com