Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tanaman Hias yang Dapat Membersihkan Udara di Dalam Ruangan

Kompas.com - 12/12/2023, 08:35 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias tak hanya digunakan sebagai elemen dekorasi untuk mempercantik ruangan, tapi juga memiliki kemampuan membersihkan udara di dalam rumah serta memberi kesegaran. 

Namun, tidak semua tanaman hias mampu membersihkan udara ke dalam rumah. Jadi, penting mengetahui tanaman mana yang dapat membersihkan udara dan menyerap racun, Dengan demikian, membuat rumah lebih sehat serta tenang. 

Baca juga: 5 Tanaman Hias Paling Populer dan Banyak Ditanam

Jangan lupa memperhatikan lokasi di mana menempatkan dan cara merawat tanaman pembersih udara agar memberikan hasil maksimal.

Banyak dari pilihan tanaman pembersih udara ini dapat menjadi tambahan bagus sebagai tanaman dapur karena sifatnya yang membersihkan udara. 

Nah, dilansir dari Homes and Gardens, Selasa (12/12/2023), berikut sejumlah tanaman hias yang dapat membersihkan udara di dalam ruangan.

Pakis bird’s nest

Ilustrasi tanaman hias pakis bird's nest.Shutterstock/FotoHelin Ilustrasi tanaman hias pakis bird's nest.
Keindahan yang penuh gaya, pakis bird’s nest merupakan tanaman hias dalam ruangan yang sangat baik untuk membersihkan udara, memurnikan udara dari formaldehida, yang sering ditemukan pada penutup lantai dan dinding yang baru.

Dengan daun hijau limau mengkilap dan berkerut yang tumbuh dalam bentuk mawar, tanaman pakis ini membuat pernyataan yang mencolok di rak atau ambang jendela kamar mandi, tetapi akan membutuhkan hingga 60 sentimeter untuk melebar saat dewasa. 

Baca juga: 8 Tanaman Hias Terbaik untuk Pemula yang Mudah Tumbuh

Berasal dari hutan Asia dan Australasia, tanaman ini tumbuh di puncak pohon dan terbiasa dengan kondisi cahaya yang bervariasi, dari terang hingga semi teduh.

Tanaman bird’s sest membutuhkan kelembapan, jadi tempat di kamar mandi atau kamar mandi yang lembap adalah tempat tepat.

Siram tanaman setiap dua hari sekali, terutama jika berada di ruang pengering, tetapi hanya menyiram jika bagian atas tanahnya kering.

Suhu ruangan antara 18-24 derajat Celsius sangat ideal untuk tanaman pakis ini. Hindari tempat di bawah 13 derajat Celsius. 

Baca juga: 8 Tanaman Hias yang Cocok untuk Dekorasi Natal, Meriah dan Penuh Warna

Palem areca

Ilustrasi tanaman hias areca palm di ruang keluarga.Shutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi tanaman hias areca palm di ruang keluarga.
Selanjutnya, tanaman hias yang dapat membersihkan udara di dalam ruangan adalah palem areca. Berasal dari Madagaskar, palem areca memiliki cabang-cabang berujung halus yang khas dan secara alami memancarkan cahaya belang-belang yang indah.

Berkat daunnya yang lebar, tanaman palem areca bersama dengan banyak jenis palem lainnya unggul dalam menghilangkan spora jamur dan amonia (sering ditemukan dalam produk pembersih rumah tangga) dari udara.

Hal ini membuat tanaman hias ini sempurna diletakkan di kamar mandi. 

Mark Lawlor, ahli tanaman dari Happy Houseplants, mengatakan tanaman rumah ini menyukai cahaya terang yang disaring. Terlalu banyak sinar matahari dapat menyebabkan daunnya gosong.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com