Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/02/2024, 13:23 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rak terbuka merupakan salah satu tempat penyimpanan di dapur. Rak terbuka merupakan tempat penyimpanan yang mudah diakses, sehingga banyak disukai. 

Selain menjadi tempat penyimpanan rak terbuka di dapur juga bisa menjadi pelengkap dekorasi yang membuat dapur terlihat lebih menarik. 

Baca juga: 6 Ide dan Tips Dekorasi Rak Dapur Minimalis yang Bisa Ditiru

Maka dari itu, estetika rak dapur harus diperhatikan dengan cermat. Sesuaikan desain rak dengan konsep interior dapur, sehingga terlihat serasi dan harmonis. 

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Rabu (28/2/2024), berikut ini ide rak dapur yang cantik dan fungsional. 

Rak bergaya farmhouse

ilustrasi rak dapurShutterstock/Pixel-Shot ilustrasi rak dapur

Desain rak dapur bergaya farmhouse bisa menjadi salah satu pilihan. Biasanya rak dapur bergaya farmhouse dibuat sederhana dengan warna putih atau warna netral lainnya. 

Baca juga: 6 Trik Menata Rak Dapur agar Tetap Rapi

Rak ini dibuat tinggi sampai ke langit-langit ruangan, sehingga bisa digunakan untuk menyimpan berbagai barang atau perlengkapan dapur.

Meski dibuat tinggi, rak dapur terbuka tetap mudah diakses, sehingga tetap praktis.

Rak kaca ramping

Ide rak dapur lainnya yaitu rak terbuka yang terbuat dari kaca. Rak ini biasanya dilengkapi rangka kuningan agar lebih kokoh. 

Rak kaca yang ramping membuat tampilan dapur terlihat menarik dan estetik. Rak terbuka dari kaca bisa digunakan untuk menyimpan alat makan dari kaca yang bisa membuat tampilan rak terlihat lebih cantik. 

Baca juga: Mana yang Layak Dipilih, Rak Dapur Terbuka atau Lemari Dapur Tertutup?

Rak dapur dari kayu dan logam

Rak dapur terbuka yang terbuat dari kayu dan logam juga bisa digantung di dinding dapur. Rak ini bisa digunakan sebagai ruang penyimpanan yang fungsional. 

Rak kayu dan logam cocok digunakan pada dapur berwarna putih dan abu-abu untuk memberikan kesan hangat dan nyaman. Lengkapi juga dengan meja batu agar tampilan dapur semakin menarik. 

Rak dapur minimalis

Ilustrasi rak dapur terbuka.Shutterstock/Switlana Sonyashna Ilustrasi rak dapur terbuka.

Selanjutnya, ide rak dapur yaitu rak dapur minimalis yang terbuat dari kayu. Rak ini cocok dipasang di atas wastafel untuk membuat area tersebut terlihat lebih menonjol. 

Rak tersebut bisa digunakan untuk menyimpan piring, tanaman hias, dan perlengkapan dapur lainnya. Padukan rak dapur minimalis dengan backsplash yang terbuat dari ubin heksagonal untuk membuat tampilan dapur semakin cantik. 

Baca juga: 6 Cara Menata Rak Dapur agar Rapi dan Sedap Dipandang

Rak terbuka berwarna terang

Rak terbuka berwarna terang seperti rak putih cocok digunakan di dapur. Warna putih membuat dapur terlihat lebih terang dan lapang. 

Rak terbuka berwarna putih cocok dikombinasikan dengan backsplash berwarna senada agar terlihat serasi dan cantik. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com