Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/07/2021, 07:31 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Rak terbuka di dapur bukan hanya berguna untuk menempatkan barang-barang, termasuk koleksi pecah belah. Rak dapur juga membuka ruang dan memberikan kesan modern, tetapi juga memiliki tantangan tersendiri.

Bagaimana Anda menata rak dapur agar terlihat rapi, teratur, dan koheren sehingga tidak terlihat berantakan?

Dilansir dari Hunker, Kamis (1/7/2021), berikut beberapa trik yang dapat Anda lakukan untuk menata rak dapur agar tetap rapi.

Baca juga: Simak, Ini Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Rak Terbuka di Dapur

1. Pola pikir minimalis

Jangan menjejalkan semua yang Anda miliki di rak dapur. Sebagai gantinya, pilih dengan cermat koleksi Anda dan berikan ruang bagi benda-benda yang diletakkan untuk bernapas di rak.

Pada saat yang sama, seimbangkan. Jangan tinggalkan terlalu banyak ruang sehingga ada ruang kosong yang aneh di sekitar setiap benda.

Selain itu, hindari pelangi warna. Sambil tetap berpegang pada palet dua atau tiga warna maksimal, Anda dapat menjaga hal-hal menarik secara visual dengan memastikan obyek memiliki tekstur, bentuk, dan hasil akhir yang berbeda.

Gabungkan berbagai bahan alami yang belum selesai dan tidak berwarna seperti kayu, logam, kaca, yang dibaca sebagai netral tetapi juga menambahkan tekstur.

Baca juga: Mana yang Layak Dipilih, Rak Dapur Terbuka atau Lemari Dapur Tertutup?

2. Pamerkan koleksi yang indah

Rak dapur tidak hanya berfungsi sebagai penyimpanan, tetapi juga dapat memamerkan benda-benda indah. Selingi beberapa bagian fokus seperti tempat lilin, tempat kue, atau mangkuk besar yang menarik perhatian.

Kelompokkan berdasarkan yang sering Anda gunakan, seperti piring, mangkuk, cangkir, dan gelas. Tempatkan piring bermotif tegak, untuk memamerkan desainnya.

Namun, pajang hanya benda-benda yang menurut Anda indah. Kemasan makanan bisa jadi tidak menarik, jadi hindarilah memajangnya kecuali ada alasan kuat untuk memasukkannya ke dalam rak.

Jika Anda ingin menyimpan bahan makanan di rak dapur, tempatkan dalam wadah yang sesuai dengan nada estetika benda lain yang dipajang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com