Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Ini Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Rak Terbuka di Dapur

Kompas.com - 27/05/2021, 15:38 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan rak di area dapur menjadi solusi untuk penyimpanan barang-barang, dari piring, gelas, mangkuk, teko, dan lain-lain. 

Biasanya, beberapa orang menggunakan rak dinding terbuka agar bisa dilihat dan memudahkan mencari barang-barang yang dibutuhkan.

Baca juga: Berencana Memasang Rak Baru? Ini yang Perlu Dipertimbangkan

Selain itu, rak terbuka lebih terlihat estetika dibanding rak model tertutup.

Dilansir dari berbagai sumber, Kamis (27/5/2021), ada beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan rak terbuka di dapur. Berikut ini kelebihan dan kekurangan rak terbuka.  

Baca juga: Mana yang Layak Dipilih, Rak Dapur Terbuka atau Lemari Dapur Tertutup?

Kelebihan

Menampilkan nuansa lebih modern di area dapur menjadikan salah satu kelebihan penggunaan rak terbuka daripada rak tertutup. Selain itu, ada beberapa kelebihan lain dari rak terbuka, sebagai berikut.

  • Akses 

Hal terbaik menggunakan rak terbuka adalah bisa langsung melihat dan menjangkau apa yang dibutuhkan tanpa repot membuka pintu. Dengan begitu, Anda dapat menghemat waktu mencari barang yang dibutuhkan. 

Baca juga: Punya Rak Terbuka di Dapur? Berikut Cara Menatanya dengan Benar

  • Fungsi

Selain berfungsi sebagai tempat penyimpanan, rak terbuka memiliki nilai estetika. Anda bahkan bisa meletakkan vas bunga atau tanaman hias kecil di atas rak tersebut.

Untuk memberikan kesan lebih cantik, bisa menggunakan lampu LED yang mudah dipasang di rak. Namun, karena keadaannya terbuka, Anda harus selalu mengatur barang di dalamnya sehingga terlihat rapi dan tertata. 

Baca juga: 15 Ide Dekorasi Rak Buku Kreatif Yang Penuh Gaya

  • Tampilan luas

Rak terbuka memberikan tampilan lebih simpel dan menjadikan area dapur lebih luas daripada penggunaan rak tertutup atau memakai pintu.

Selain itu, penempatan rak terbuka ini biasanya memanfaatkan dinding sehingga dapat menghemat ruang di dapur. 

Baca juga: Ingin Buat Rak Dinding? Ini 4 Hal yang Harus Diperhatikan

Kekurangan 

Namun, di balik kelebihannya, rak terbuka juga memiliki kekurangan yang harus dipertimbangkan ketika ingin menggunakannya di dapur atau ruangan lainnya. Berikut ini kekurangannya; 

  • Pemeliharaan

Meski secara teknis tidak memerlukan banyak perawatan untuk konsep rak terbuka di dapur, Anda harus rajin menjaga rak dan barang-barang di dapur tetap bersih dari debu dan puing-puing. 

Baca juga: Punya Rak Terbuka di Dapur? Berikut Cara Menatanya dengan Benar

Rak yang lebih rendah ke tanah sangat rentan terhadap penumpukan debu atau terkena bulu hewan peliharaan. Jadi, Anda harus tetap waspada jika menyangkut rutinitas pembersihan dapur.

Jika menggunakan kayu yang tidak diolah, Anda harus memberikan minyak pada rak secara teratur agar tidak mengering dan retak.  

Baca juga: 6 Ide dan Tips Dekorasi Rak Dapur Minimalis yang Bisa Ditiru

  • Pemasangan

Satu hal lagi yang perlu dipastikan sebelum menggunakan rak terbuka, yakni pastikan agar rak tidak terlalu membebani dinding dan membuatnya rusak.

Untuk lebih baik lagi, menggunakan tenaga profesional guna membantu memilih rak, kawat, dan pemasangan yang tepat untuk rak Anda. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com