Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/01/2024, 13:17 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjaga kebersihan dan keteraturan rak dapur adalah hal penting, tidak peduli apakah Anda memiliki dapur khusus atau hanya beberapa rak di dalam lemari untuk menyimpan makanan. 

Rak dapur yang terorganisir dapat membantu melindungi makanan dari serangan serangga, menghemat uang dengan menggunakan produk sebelum kedaluwarsa, dan mengakses bahan makanan dengan cepat saat menyiapkan makanan. 

Baca juga: 6 Ide Rak Bumbu agar Dapur Tetap Rapi dan Teratur

Membersihkan rak dapur membutuhkan sedikit waktu, tetapi Anda dapat melakukannya hanya dengan empat langkah mudah. Luangkan waktu sekitar satu jam untuk membersihkan rak dapur untuk memperoleh tampilan dan fungsi dapur dengan baik. 

Membersihkan rak dapur idealnya harus dilakukan setidaknya empat kali dalam setahun seiring pergantian musim. Namun, dua kali setahun adalah awal yang baik.

Tumpahan barang basah atau kering harus segera dibersihkan. Jika melihat adanya serangga, rak dapur harus segera dibersihkan untuk mencegah penyebaran lebih lanjut ke bagian lain dari dapur atau rumah Anda. 

Nah, disadur dari The Spruce, Sabtu (6/1/2023), berikut cara membersihkan rak dapur. 

Kosongkan rak dapur 

Ilustrasi rak bumbu dapur.SHUTTERSTOCK/THE IMAGE PARTY Ilustrasi rak bumbu dapur.
Keluarkan semua barang dari rak dapur. Jika tidak memiliki ruang konter di dekatnya, bawalah meja atau letakkan beberapa kardus di lantai untuk menampung semuanya.

Mulailah langkah penyortiran dengan menempatkan barang-barang yang serupa saat  membongkar rak dapur.   

Baca juga: 4 Cara Menata Rak Bumbu Dapur yang Praktis dan Hemat Ruang 

Bersihkan ruang penyimpanan rak dapur 

Selanjutnya, cara membersihkan rak dapur adalah membersihkan ruang penyimpanan. Berikut caranya.

1. Gunakan penyedot debu dengan selang dan sikat atau penyedot debu genggam untuk menyedot remah-remah dan sarang laba-laba.

2. Campurkan air hangat dan satu sendok makan pembersih serbaguna ke dalam ember atau mangkuk kecil. Celupkan kain mikrofiber ke dalam larutan tersebut dan peras hingga tidak menetes. Mulai menyeka rak dapur dari bagian atas dapur, seka setiap rak dan dinding. Jangan lupa mengepel lantai. 

3. Jika melihat atau mencurigai adanya jamur atau lumut, bersihkan area tersebut dengan larutan disinfektan (ikuti petunjuk pada label) atau gunakan tisu disinfektan.

4. Biarkan area tersebut mengering, sementara Anda menyortir makanan yang harus dikembalikan ke rak. 

Baca juga: 7 Rak untuk Kamar Mandi Sempit yang Bisa Memaksimalkan Ruang

Menyortir barang-barang di rak dapur 

Ilustrasi rak bumbu dapur, menata bumbu dapur dengan label. SHUTTERSTOCK/ANGELICA PASQUALI Ilustrasi rak bumbu dapur, menata bumbu dapur dengan label.
1. Singkirkan semua barang yang berada di tempat lain dan letakkan di tempat seharusnya. Bukan ide baik menyimpan perlengkapan pembersih bersama produk makanan.

2. Kumpulkan kotak kardus atau tas belanja dan kantong sampah sebelum mulai menyortir. Tentukan satu tempat untuk "Simpan", satu tempat untuk "Donasi", dan satu tempat untuk "Sampah".

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com