Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Membuat Lemari Dapur Terlihat Lebih Mahal

Kompas.com - 15/12/2023, 19:20 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika berbicara tentang menyegarkan dekorasi dapur, sering kali terasa seperti hanya ada sedikit perubahan yang dapat dilakukan.

Sementara ruangan lain di rumah biasanya memiliki lebih banyak item dekorasi dan perabotan lembut yang dapat Anda ganti seiring waktu. 

Baca juga: 5 Warna Cat Dinding yang Cocok dengan Lemari Dapur Gelap

Di sisi lain, dapur membutuhkan biaya besar untuk didesain dan kemungkinan besar Anda akan menggunakan lemari dan meja dapur selama bertahun-tahun, bahkan puluhan tahun.

Namun, bukan berarti tidak bisa meningkatkan tampilan lemari dapur. Jika lemari dapur membutuhkan penyegaran, tapi tidak perlu merombak total, ada beberapa ide dekorasi sederhana yang bisa diterapkan untuk menciptakan dapur yang terlihat lebih mahal.

Dilansir dari Homes and Gardens, Jumat (15/12/2023), berikut cara membuat lemari dapur terlihat lebih mahal dengan sedikit usaha. 

Baca juga: 7 Warna Lemari Dapur yang Populer dan Tak Lekang Waktu

Pilih peralatan berkualitas tinggi 

Ilustrasi lemari dapur.Shutterstock/Sean Pavone Ilustrasi lemari dapur.
Meski merupakan detail cukup kecil, perangkat keras pada lemari dapur dapat mengubah tampilan lemari. 

Desainer interior dan CEO Kathy Kuo Home, Kathy Kuo, menyarankan berinvestasi pada perangkat keras metalik berkualitas tinggi untuk lemari adalah cara bagus memberikan tampilan ekstra mewah dan menambahkan kontras visual yang bagus.  

"Salah satu cara termudah mendapatkan dapur yang bersinar secara instan adalah mengganti perangkat keras kabinet yang sudah ketinggalan zaman," tambah Nicole Cullum, desainer interior dan pendiri Color Caravan.

Pilih perangkat keras lemari dapur yang memiliki garis-garis modern dan bersih daripada kenop bulat atau menggunakan sentuhan akhir yang lebih kontemporer, seperti hitam pekat, dipoles, antik, atau kuningan tanpa pernis yang akan segera membuat lemari dapur dan dapur terlihat lebih mewah. 

Baca juga: 9 Cara Membersihkan Lemari Dapur agar Kembali Kinclong

Menata isi lemari dapur 

Selanjutnya, cara membuat lemari dapur terlihat lebih mahal adalah menata isi lemari. Jika pintu lemari dapur terbuat dari kaca, penting memperhatikan bagaimana menata isinya.

Memastikan menyimpan barang-barang yang tertata rapi dengan cara kohesif akan menciptakan tampilan lebih rapi dibanding tampilan yang berantakan.

"Saya menyukai ide menata peralatan makan dan barang pecah belah dengan penuh seni di rak-rak jika memiliki lemari dapur dengan bagian depan kaca," kata Kathy Kuo.  

Baca juga: Warna Lemari Dapur yang Disarankan dan Dilarang Menurut Feng Shui

Mengecat lemari dapur 

Ilustrasi lemari dapur.Shutterstock/Serghei Starus Ilustrasi lemari dapur.
Nicole menjelaskan cat adalah teman terbaik dalam hal memperbarui lemari dapur. "Sebuah lapisan cat dapat memberikan keajaiban pada lemari dapur yang sudah usang.

Mengecat lemari dapur menjamin tampilan yang benar-benar baru sekaligus menjadi ide dekorasi rumah yang cukup murah.

Pilih warna gelap untuk lemari dapur, seperti biru tua atau warna terong yang akan membantu menciptakan hasil akhir lebih mahal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com