Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/02/2024, 14:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Spruce


JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur merupakan salah satu ruangan penting di dalam rumah karena digunakan untuk berbagai aktivitas, seperti menyiapkan makanan, menyantap makanan, hingga berkumpul bersama keluarga.

Maka dari itu, dapur perlu ditata sedemikian rupa agar terasa nyaman dan fungsional. Salah satu cara membuat dapur lebih fungsional yaitu dengan menggunakan furnitur sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: 6 Ide Warna Kabinet Dapur yang Cocok Dipadukan dengan Lantai Abu-abu

Furnitur yang paling umum dijumpai di dapur yaitu kabinet dapur yang fungsinya untuk menyimpan perlengkapan dapur dan menyiapkan bahan makanan. Tak hanya itu, furnitur juga bisa menjadi pelengkap ruangan yang membuat dapur lebih menarik.

Sama seperti furnitur lain, kabinet dapur juga mengalami perubahan tren setiap tahunnya. Dilansir dari The Spruce, Senin (12/2/2024), berikut tren kabinet dapur 2024 menurut para ahli.

Gaya desain campuran

ilustrasi kabinet dapur berwarna abu-abuShutterstock/Fio Creative ilustrasi kabinet dapur berwarna abu-abu

Beberapa desainer dan arsitek memperkirakan adanya perubahan dalam desain transisi terkait lemari dan perangkat keras.

Baca juga: 8 Warna Kabinet Dapur yang Menarik dan Mencerahkan

Karen Frome, pendiri Rise Projects, mengatakan kabinet klasik bisa diperbarui dengan bingkai yang lebih tipis dan lebar. Frome menjelaskan bahwa pembaruan semacam ini akan membuat dapur terasa lebih segar dan modern.

Sementara itu, Laura Brophy, pendiri Laura Brophy Interiors mengatakan bahwa kesan hangat di dapur juga banyak diminati. Brophy mengatakan tren ini banyak menggunakan elemen vintage seperti panel klasik, perangkat keras tradisional, dan palet warna yang terinspirasi dari dapur kontemporer.

Sejalan dengan hal tersebut, Amu Courtney dari Amy Courtney Design mengatakan bahwa kabinet dapur dengan perangkat keras minimalis dan vintage akan membuat dapur terlihat ramping dan elegan.

Baca juga: 4 Tren Warna Kabinet Dapur Menurut Ahli

Kabinet dapur berwarna hangat

Tren kabinet dapur 2024 lainnya yaitu penggunaan warna-warna yang hangat dan kaya. Courtney bahkan mengatakan banyak kliennya yang memilih menggunakan lemari dapur berwarna tradisional seperti kuning, teal gelap dan merah.

Warna tersebut menciptakan ruang yang mengundang dan penuh dengan kepribadian. Warna-warna yang hangat juga membuat dapur terasa lebih nyaman.

Menggunakan bahan alami

Kehangatan di dalam ruangan juga bisa dihadirkan dengan menggunakan bahan alami. Material kayu kini banyak digunakan untuk membuat kabinet dapur.

Selain bisa memberikan kesan hangat dan alami, kabinet dapur dari kayu juga membuat dapur terlihat estetik dan elegan.

Baca juga: Ragam Material Terbaik untuk Kabinet Dapur

Rak terbuka

Ilustrasi rak terbuka di dapur.SHUTTERSTOCK/STOCK_STUDIO Ilustrasi rak terbuka di dapur.

Desain rak terbuka juga kini banyak disukai karena bisa menciptakan rasa keterbukaan dan membuat dapur terlihat lebih lapang.

Brophy bahkan menjelaskan bahwa rak terbuka menjadi tempat penyimpanan yang fungsional dan membuat dapur terlihat estetik.

Gunakan banyak tekstur

Tren kabinet dapur 2024 yang terakhir yaitu menggunakan banyak tekstur. Bahan dan tekstur yang digunakan bisa menghadirkan lebih banyak kedalaman dan tampilan yang estetik.

Brophy mengatakan material kayu, logam, kaca, dan bahan dengan finishing matte atau glossy yang digabungkan akan menciptakan ruang lebih berlapis dan menarik secara visual.

Kari Whitman, pendiri Kari Whitman Interiors juga mengatakan perpaduan berbagai hal dengan logam gelap akan menciptakan dapur yang ramping dan edgy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com