Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tren Lemari Dapur yang Ketinggalan Zaman, Bikin Dapur Terlihat Kuno

Kompas.com - 05/02/2024, 17:49 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Lemari dapur merupakan furnitur penting di dapur. Lemari dapur digunakan untuk menyimpan perlengkapan dapur maupun bahan makanan.

Selain fungsional, lemari dapur juga membuat tampilan dapur terlihat lebih menarik. Tapi perlu diketahui bahwa ada beberapa tren lemari dapur yang ketinggalan zaman.

Baca juga: 5 Gaya Lemari Dapur yang Bisa Menjadi Inspirasi

Lemari dapur yang sudah ketinggalan zaman sebaiknya tidak dipilih karena akan membuat dapur terlihat kuno dan membosankan.

Dikutip dari Homes and Gardens, Senin (5/2/2024), berikut ini tren lemari dapur yang ketinggalan zaman dan sebaiknya dihindari.

Dapur ultra-modern

Ilustrasi lemari dapurSHUTTERSTOCK/SERGHEI STARUS Ilustrasi lemari dapur

Dapur ultra-modern pernah populer di tahun sembilan puluhan. Dapur lemari model ultra-modern dinilai sudah ketinggalan zaman dan membuat dapur terlihat kuno.

Dapur kekinian lebih cantik apabila dilengkapi dengan furnitur hangat dan ramah agar terlihat lebih modern. Desainer Hubert Zandberg, juga menyarankan untuk menampilkan gaya pribadi di dalam dapur agar terasa lebih nyaman.

Baca juga: 7 Tips Memilih Lemari Dapur Menurut Desainer

Lemari tanpa pegangan pintu

Tren lemari dapur lainnya yang ketinggalan zaman yaitu lemari tanpa pegangan pintu. Lemari tanpa pegangan pintu memberikan tampilan minimalis dan ramping, namun ternyata dianggap kuno dan kurang kekinian.

Jika ingin tampilan pintu lemari datar dan ramping, sebaiknya gunakan pegangan tersembunyi. Dengan demikian, pintu lemari bisa dengan mudah dibuka.

Pegangan pintu berwarna hitam matte

Lemari dapur biasanya dilengkapi dengan pegangan pintu berwarna hitam. Perangkat berwarna hitam matte ternyata sudah ketinggalan zaman.

Warna hitam cenderung mudah memudar, sehingga lemari dapur terlihat kurang terawat setelah digunakan dalam waktu yang lama.

Pegangan pintu lemari dapur berwarna hitam bisa digantikan dengan material kuningan, perunggu, dan stainless steel. Material tersebut membuat lemari dapur terlihat menarik dan tahan lama.

Baca juga: 5 Cara Membuat Lemari Dapur Terlihat Lebih Mahal

Lemari dapur abu-abu

Ilustrasi lemari dapur warna greige.SHUTTERSTOCK/TARTANPARTY Ilustrasi lemari dapur warna greige.

Beberapa tahun lalu, warna abu-abu banyak disukai terutama untuk mewarnai lemari dapur. Meski tergolong sebagai warna netral, lemari dapur abu-abu ternyata dianggap kuno dan sebaiknya ditinggalkan.

Namun, jika ingin tetap menghadirkan nuansa abu-abu, Helen Parker seorang direktur kreatif di deVOL menyarankan untuk menggunakan warna greige yang merupakan perpaduan antara krem dan abu-abu. Warna greige bisa memberikan tampilan lemari yang cantik dan kekinian.

Sistem penyimpanan yang terlalu rumit

Terakhir, tren lemari dapur yang ketinggalan zaman yaitu lemari dapur dengan sistem penyimpanan rumit. Tren ini dianggap ketinggalan zaman karena kurang sesuai dengan dapur sederhana.

Saat ini, banyak yang lebih menyukai lemari dapur dengan ruang penyimpanan yang sederhana dan mudah diakses.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com