Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Barang yang Tidak Boleh Disimpan di Lemari Bawah Wastafel Dapur

Kompas.com - 10/01/2024, 08:50 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lemari bawah wastafel dapur sering kali menjadi penyimpanan favorit di ruang memasak meski berukuran sempit. 

Di antara pipa pasokan air, tempat pembuangan sampah, dan sistem penyaringan air, tidak banyak ruang tersisa untuk penyimpanan. 

Baca juga: 5 Cara Membuat Lemari Dapur Terlihat Lebih Mahal

Namun, lemari bawah wastafel dapur kerap dipenuhi barang-barang. Meski menyimpan barang-barang keperluan sehari-hari di sana merupakan tindakan cerdas, ada beberapa barang yang tidak boleh disimpan di lemari bawah wastafel dapur

Selain karena bukan menjadi tempat seharusnya, barang-barang ini bisa menjadi rusak dan menyebabkan bahaya di rumah bila disimpan di lemari bawah wastafel. 

Nah, dikutip dari Better Homes and Gardens, Rabu (10/1/2024), berikut daftar barang yang tidak boleh disimpan di lemari bawah wastafel dapur.

Produk pembersih dan bahan kimia

Ilustrasi lemari bawah wastafel dapur.Shutterstock/New Africa Ilustrasi lemari bawah wastafel dapur.
Sebagian besar pembersih komersial dirancang untuk disimpan di lingkungan dengan iklim terkendali dengan ventilasi baik, tapi ini tidak di bawah wastafel dapur.

Jika tidak disegel dengan benar, botol pemutih dan bahan kimia keras lainnya, terutama yang tidak diencerkan, dapat bocor dan menimbulkan asap di dapur

Maka itu, sebaiknya menyimpan produk pembersih ini di bawah bak cuci agar mudah digunakan. Kemudian, simpan semuanya di lemari pembersih yang telah ditentukan. 

Baca juga: 7 Warna Lemari Dapur yang Populer dan Tak Lekang Waktu

Peralatan dapur dan elektronika

Selanjutnya, barang yang tidak boleh disimpan di lemari bawah wastafel dapur adalah peralatan dapur dan elektronik.

Hal ini karena wastafel dapur dapat mengalami kebocoran, yang bisa menyebabkan korsleting pada peralatan, bahkan berpotensi menimbulkan kebakaran.

Risikonya tidak sepadan, jadi pilihan terbaik adalah berkreasi dengan penyimpanan peralatan atau merapikan peralatan yang tidak lagi digunakan.

Saat membahas topik ini, keluarkan juga barang elektronik lainnya dari bawah wastafel, termasuk speaker, pengisi daya, dan penyedot debu genggam. 

Baca juga: 4 Material Wastafel Dapur yang Tahan Lama, Apa Saja?

Barang rumah tangga

Karena ruangannya sempit, tidak ada alasan memadati lemari bawah wastafel dapur dengan persediaan tambahan yang tidak sering digunakan, seperti botol sabun tangan, sekotak besar kantong sampah, dan isi ulang pembersih jendela. 

Barang-barang ini dapat memakan banyak ruang di bawah wastafel dan paling baik disimpan di tempat lain.

Pilih area lain, seperti lemari utilitas terdekat atau lemari di ruang cuci, untuk menyimpan barang-barang yang sudah distok sehingga Anda tahu persis di mana barang berada saat tiba waktunya mengisi kembali barang tersebut. 

Baca juga: 4 Barang yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Lemari Bawah Wastafel Dapur

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com