Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Barang yang Tidak Boleh Disimpan di Lemari Bawah Wastafel Dapur

Di antara pipa pasokan air, tempat pembuangan sampah, dan sistem penyaringan air, tidak banyak ruang tersisa untuk penyimpanan. 

Namun, lemari bawah wastafel dapur kerap dipenuhi barang-barang. Meski menyimpan barang-barang keperluan sehari-hari di sana merupakan tindakan cerdas, ada beberapa barang yang tidak boleh disimpan di lemari bawah wastafel dapur. 

Selain karena bukan menjadi tempat seharusnya, barang-barang ini bisa menjadi rusak dan menyebabkan bahaya di rumah bila disimpan di lemari bawah wastafel. 

Nah, dikutip dari Better Homes and Gardens, Rabu (10/1/2024), berikut daftar barang yang tidak boleh disimpan di lemari bawah wastafel dapur.

Jika tidak disegel dengan benar, botol pemutih dan bahan kimia keras lainnya, terutama yang tidak diencerkan, dapat bocor dan menimbulkan asap di dapur

Maka itu, sebaiknya menyimpan produk pembersih ini di bawah bak cuci agar mudah digunakan. Kemudian, simpan semuanya di lemari pembersih yang telah ditentukan. 

Peralatan dapur dan elektronika

Selanjutnya, barang yang tidak boleh disimpan di lemari bawah wastafel dapur adalah peralatan dapur dan elektronik.

Hal ini karena wastafel dapur dapat mengalami kebocoran, yang bisa menyebabkan korsleting pada peralatan, bahkan berpotensi menimbulkan kebakaran.

Risikonya tidak sepadan, jadi pilihan terbaik adalah berkreasi dengan penyimpanan peralatan atau merapikan peralatan yang tidak lagi digunakan.

Saat membahas topik ini, keluarkan juga barang elektronik lainnya dari bawah wastafel, termasuk speaker, pengisi daya, dan penyedot debu genggam. 

Barang rumah tangga

Karena ruangannya sempit, tidak ada alasan memadati lemari bawah wastafel dapur dengan persediaan tambahan yang tidak sering digunakan, seperti botol sabun tangan, sekotak besar kantong sampah, dan isi ulang pembersih jendela. 

Barang-barang ini dapat memakan banyak ruang di bawah wastafel dan paling baik disimpan di tempat lain.

Pilih area lain, seperti lemari utilitas terdekat atau lemari di ruang cuci, untuk menyimpan barang-barang yang sudah distok sehingga Anda tahu persis di mana barang berada saat tiba waktunya mengisi kembali barang tersebut. 

Menghabiskan terlalu banyak ruang seperti produk yang dibeli dalam jumlah besar hanyalah salah satu bagian dari masalah.

Kelembapan sering kali terdapat di dalam kabinet meski wastafel tidak mengalami kebocoran. Karena itu, tisu dapat menyerapnya dan menjadi lembap, bahkan sebelum menggunakannya.

Untuk alasan sama, jangan meletakkan kertas jenis apa pun, seperti kantong kertas dari toko kelontong, di lemari bawah wastafel dapur.  

Handuk piring dan spons ekstra

Hal satu ini mungkin mengejutkan karena lemari bawah wastafel dapur adalah tempat logis untuk menyimpan handuk piring dan spons ekstra.

Namun, seperti produk kertas, handuk kain dan spons sintetis juga dapat menyerap kelembapan sehingga memungkinkan terbentuknya jamur walau produk tersebut bersih atau baru.

Demi kenyamanan, gantung handuk di dalam lemari atau menyimpan beberapa spons tambahan, terutama jika spons tersebut disimpan di keranjang penyimpanan berpenutup, seharusnya tidak menjadi masalah.

Jika tidak, letakkan sebagian besar spons ekstra bersama persediaan barang rumah tangga lainnya dan lipat handuk piring baru ke dalam laci dapur yang paling dekat dengan wastafel agar mudah diakses. 

Peralatan logam 

Barang yang tidak boleh disimpan di lemari bawah wastafel dapur lainnya adalah peralatan logam, seperti kunci pas dan tang.

Hal ini karena tingkat kelembapan dapat berfluktuasi dan peralatan logam dapat cepat berkarat jika terus-menerus bersentuhan dengan kelembapan. Sebaliknya, menyimpan peralatan karat di garasi atau ruang bawah tanah.

Perangkat elektronik bertenaga baterai menjadi barang yang tidak boleh disimpan di lemari bawah wastafel dapur.

Hal ini karena, selain memakan ruangan, komponen-komponennya masih dapat mengalami korsleting dan baterai mudah terkorosi jika terkena kelembapan berlebihan.

Baterai yang lepas harus selalu disimpan dengan aman di tempat sejuk dan kering di rumah, seperti laci sampah atau lemari linen. 

Zat mudah terbakar

Terakhir, barang yang tidak boleh disimpan di lemari bawah wastafel dapur adalah produk dengan zat yang mudha terbakar.

Pengencer cat, kaleng aerosol, dan apa pun yang berlabel mudah terbakar tidak boleh disimpan di bawah wastafel dapur.

Hal ini sangat penting jika memiliki tempat pembuangan sampah yang menghasilkan panas karena dapat menimbulkan bahaya kebakaran. 

https://www.kompas.com/homey/read/2024/01/10/085046176/8-barang-yang-tidak-boleh-disimpan-di-lemari-bawah-wastafel-dapur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke