Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/01/2024, 21:43 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Spruce


JAKARTA, KOMPAS.com - Selimut adalah perlengkapan tidur yang berfungsi untuk menghangatkan tubuh saat beristirahat.

Selain bisa memberikan kehangatan, selimut juga bisa membuat tidur lebih nyaman. Selimut terbuat dari bahan yang tebal dan ukurannya besar.

Hal inilah yang membuat selimut sulit disimpan. Selimut perlu dilipat terlebih dahulu sebelum disimpan agar tidak menghabiskan banyak ruang penyimpanan.

Dikutip dari The Spruce, Selasa (9/1/2024), berikut cara melipat selimut dengan mudah dan benar.

Baca juga: Tips Menyimpan Selimut Tebal di Rumah agar Tetap Rapi

Menggulung selimut

Ilustrasi selimut digulung sebelum disimpanShutterstock/zahidi shafie Ilustrasi selimut digulung sebelum disimpan

Menggulung selimut merupakan salah satu cara melipat selimut agar tidak memakan banyak ruang. Pertama, buka selimut dan rentangkan di atas tempat tidur.

Lalu, pegang dua ujung pendeknya dan pindahkan kedua ujung pendek lainnya agar selimut berbentuk persegi panjang yang lebih kecil.

Selanjutnya, luruskan lipatan yang ada, kemudian lipat lagi ke arah yang sama, sehingga selimut berbentuk persegi panjang yang tipis. Singkirkan kembali semua lipatan, lalu mulai dari salah satu ujung pendek.

Berikutnya, gulung selimut dengan erat. Terakhir, simpan selimut di rak atau keranjang agar bentuk gulungan tidak lepas.

Baca juga: Cara Merawat dan Mencuci Selimut Bulu agar Tetap Lembut dan Awet

Melipat selimut berbentuk persegi

Cara melipat selimut selanjutnya yaitu menggunakan metode persegi. Sama seperti saat menggulung selimut, rebahkan terlebih dahulu selimut di atas kasur.

Selanjutnya, rapatkan ujung pendeknya dan pastikan tidak ada kerutan. Lalu, lipat kembali selimut sampai menjadi persegi panjang.

Mulailah dengan salah satu ujung yang pendek, kemudian lipat secukupnya sampai menjadi persegi. Lalu, lipat lagi sampai selimut berbentuk persegi yang rapi.

Cara melipat selimut besar

Ilustrasi selimut besar dan tebal.Shutterstock/New Africa Ilustrasi selimut besar dan tebal.

Untuk selimut yang besar dan tebal, letakkan selimut di permukaan rata dan rapikan semua lipatannya. Selanjutnya, mulai dari salah satu sisi yang panjang, kemudian lipat ke arah tengah.

Baca juga: Mudah, Ini Cara Membersihkan Selimut Wol

Lakukan hal yang sama di sisi panjang lainnya, sehingga kedua sisi bertemu di tengah. Selanjutnya, lipat satu sisi ke sisi lain sampai berbentuk persegi panjang.

Lipat masing-masing ujung pendeknya sampai bertemu di tengah, kemudian masukkan ujung ke dalam bukaan ujung lain. Dengan cara ini, selimut besar akan terlipat dengan rapi.

Cara melipat selimut tipis

Melipat selimut yang tipis atau lebih kecil relatif lebih mudah dibandingkan selimut besar dan tebal. Sebelum dilipat, letakkan selimut di atas permukaan rata.

Kemudian, lipat sisi panjang sampai berbentuk segitiga. Ambil sisi panjang lain dan lipat ke atas, kemudian mulai dari salah satu ujung selimut yang pendek.

Mulailah melipatnya menjadi persegi panjang. Hilangkan semua lipatan atau kerutan. Lalu, ratakan setelah semua bagian terlipat sempurna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com