Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/11/2023, 12:03 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comSelimut putih terlihat cantik dan bisa menceragkan ruangan. Selimut putih dan bersih juga bisa menjadi ornamen dekorasi yang membuat ruangan lebih menarik.

Meski demikian, penggunaan selimut putih membutuhkan perawatan ekstra. Sebab, selimut berwarna cerah ini mudah terlihat kotoran.

Jika tidak rutin dibersihkan warna selimut akan memudah dan membuatnya terlihat tidak menarik. Dilansir dari Home Décor Bliss, Sabtu (18/11/2023), berikut ini tips memutihkan selimut dengan mudah dan cepat.

Baca juga: Seberapa Sering Harus Mencuci Selimut? Ini Durasinya

Penyebab selimut mudah kotor

Sebelum mengetahui cara memutihkan selimut, kamu perlu memahami terlebih dahulu penyebab selimut kotor. Setidaknya ada dua penyebab utama selimut putih cepat kotor. Berikut penjelasannya.

  • Minyak tubuh dan keringat

Alasan utama selimut mudah kuning yaitu karena adanya adanya penumpukan minyak tubuh dan keringat pada kain.

Ilustrasi selimut putih.Shutterstock/220 Selfmade studio Ilustrasi selimut putih.

Penyebab ini mungkin tidak kamu sadari, namun produksi minyak saat kamu tertidur bisa membuat kain selimut cepat kotor.

Untuk mencegah perubahan warna selimut akibat keringat dan minyak tubuh, kamu perlu rutin membersihkan selimut tersebut.

Baca juga: Ini Waktu Terbaik Mencuci Selimut dan Caranya Menurut Ahli Kebersihan

  • Residu detergen

Tak hanya keringat, residu atau sisa detergen yang tertinggal di kain juga membuat warna selimut berubah. Biasanya residu tercipta karena kamu terlalu banyak menggunakan detergen saat mencuci selimut.

Meski bisa membuat selimut lebih bersih dan wangi, namun penggunaan detergen dalam jumlah banyak akan meninggalkan residu yang justru bisa membuat warna selimut berubah.

Tips memutihkan selimut

Sebagian besar warna kuning disebabkan oleh keringat dan minyak tubuh, maka dari itu penting untuk rutin mencuci selimut.

Cara mencuci selimut sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mencuci kain putih lainnya, hanya saja ukurannya yang besar dan tebal membuat kamu sedikit kesulitan.

Untuk mempermudah, kamu bisa mencuci selimut dalam mesin cuci. Kemudian, cuci selimut sesuai dengan petunjuk yang terdapat pada label.

Baca juga: Cara Mencuci Selimut Fleece agar Tetap Lembut dan Halus

Jika selimut berubah menjadi kuning seiring berjalannya waktu, cobalah untuk menggunakan detergen lebih sedikit dari biasanya.

Sebagai gantinya, kamu bisa menambahkan cuka putih untuk membantu menghilangkan noda kuning pada selimut. Setelah dicuci, selimut perli dijemur di bawah sinar matahari. Cara ini bisa membuat selimut lebih cerah dan berkilau.

Seberapa sering selimut perlu dicuci?

Umumnya, selimut hanya dicuci beberapa kali dalam setahun. Sebab, kemungkinan kamu jarang menggunakannya.

Selain itu, mencuci selimut terlalu sering juga bisa mempercepat masa pakainya. Namun, jika selimut berwarna putih dan mudah kotor, sebaiknya cuci sebulan sekali. Dengan demikian tidak ada noda yang mengerak di selimut tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com