Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mencuci Selimut Bulu dengan Benar Agar Tidak Rusak

Kompas.com - 05/12/2023, 15:08 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Spruce


JAKARTA, KOMPAS.com – Musim hujan membuat udara terasa lebih dingin, terlebih saat malam hari. Salah satu cara untuk mengurangi rasa dingin yaitu dengan menggunakan selimut bulu.

Tak hanya menghangatkan, selimut yang terbuat dari bulu halus ini juga nyaman saat dikenakan. Untuk menjaga kenyamanan selimut bulu, maka kamu perlu rutin dicuci dengan benar.

Selain menjaga kenyamanan, proses pencucian yang benar juga berguna untuk menjaga kualitas selimut agar tidak mudah kusut dan rusak.

Baca juga: Cara Merawat dan Mencuci Selimut Bulu agar Tetap Lembut dan Awet

Dikutip dari The Spruce, Selasa (5/12/2023), berikut ini cara mencuci selimut bulu dengan benar menggunakan mesin cuci dan tangan.

Bahan dan alat yang dibutuhkan

  • Mesin cuci baju
  • Pengering atau rak pengering
  • Sikat berbulu halus
  • Kain mikrofiber
  • Detergen
  • Bahan penghilang noda

ilustrasi mencuci selimut bulu di mesin cuciShutterstock/brizmaker ilustrasi mencuci selimut bulu di mesin cuci

Cara mencuci selimut bulu dengan mesin cuci

Sebelum mencuci selimut, alangkah baiknya untuk membaca label perawatan terlebih dahulu. Pastikan terdapat keterangan bahwa selimut tersebut bisa dicuci menggunakan mesin cuci.

Baca juga: Cara Mencuci Selimut Fleece agar Tetap Lembut dan Halus

Jika selimut bisa dicuci menggunakan mesin cuci, maka langkah selanjutnya yaitu menghilangkan noda terlebih dahulu menggunakan bahan penghilang noda.

Oleskan bahan penghilang noda dan usapkan ke serat menggunakan sikat berbulu halus atau kain mikrofiber. Kemudian, biarkan bahan pembersih bekerja selama 10 menit sebelum selimut dicuci.

Berikutnya, masukkan selimut bulu ke dalam mesin cuci, tambahkan air hangat, dan detergen. Lalu, jalankan siklus pencucian yang lembut. Pastikan selimut tidak dicuci bersama dengan handuk, seprai, atau pakaian katun.

Selimut bulu sebaiknya dibilas dengan putaran rendah untuk mencegah kerutan. Kemudian, keringkan selimut di rak pengering dalam ruangan atau tali jemuran di luar ruangan.

Cara mencuci selimut bulu dengan tangan

Selain dicuci menggunakan tangan, selimut bulu juga bisa dicuci menggunakan tangan. Sebelum mencuci, siapkan terlebih dahulu wadah cuci yang cukup besar untuk merendam selimut tersebut.

Baca juga: Seberapa Sering Harus Mencuci Selimut? Ini Durasinya

Kemudian, bersihkan noda membandel terlebih dahulu menggunakan detergen lembut dan air dingin. Setelah itu, rendam seluruh bagian selimut dalam air dingin dan tambahkan detergen.

Biarkan selimut terendam dalam air detergen selama 20 menit. Selanjutnya, peras kain perlahan untuk menghilangkan kotoran dan tiriskan air cucian tersebut.

Lanjutkan dengan membilas selimut menggunakan air bersih. Kamu mungkin perlu mengalirkan air untuk menghilangkan busa detergen.

Jangan peras selimut untuk menghilangkan kelebihan air, cukup peras perlahan. Lalu, jemur selimut di tali jemuran dan biarkan selimut mengering.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com