Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Sering Harus Mencuci Selimut? Ini Durasinya

Kompas.com - 20/09/2023, 17:20 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selimut adalah salah satu perlengkapan tidur untuk menjaga tubuh tetap hangat dan nyaman serta dapat digunakan untuk dekorasi kamar tidur.

Selimut terbuat dari berbagai bahan, seperti wol, kapas, polyester, dan bulu, serta tersedia dalam berbagai ukuran, warna, juga motif. 

Baca juga: Perbedaan Selimut Blanket dan Duvet, Mana yang Terbaik?

Namun, selimut juga dapat menjadi tempat berkembang biak kuman dan bakteri, terutama jika tidak dicuci secara rutin.

Karena itu, penting mencuci selimut secara rutin agar tetap bersih dan menjaga kesehatan Anda serta keluarga.

Namun, durasi mencuci selimut tergantung pada beberapa faktor, seperti seberapa sering menggunakannya. Lantas, seberapa sering harus mencuci selimut

Mary Gagliardi, ilmuwan internal dan pakar kebersihan di Clorox—produsen produk pembersih asal Amerika Serikat—mengatakan selimut dapat mengumpulkan debu, keringat, kotoran tubuh, dan minyak dari tangan yang dapat menyebabkan alergi, iritasi kulit, serta gangguan pernapasan.

Kotoran dan alergen ini dapat menembus jalinan kain selimut serta masuk ke isi atau bahan selimut. Hal ini dapat mengurangi kualitas selimut serta membuatnya tidak nyaman digunakan. 

Nah, dilansir dari Martha Stewart, Rabu (20/9/2023), berikut beberapa durasi mencuci selimut.  

Baca juga: 5 Material Terbaik untuk Selimut, Bikin Tidur Nyaman

Durasi mencuci selimut

Ilustrasi selimut duvet.Shutterstock/New Africa Ilustrasi selimut duvet.
Secara umum, mencuci selimut sebaiknya dilakukan setiap satu sampai dua bulan sekali. Namun, Anda harus dapat mengatasi noda dan tumpahan sesegera mungkin.

Dengan mencuci selimut secara rutin, hal ini dapat mencegah berkurangnya tingkat efektivitas selimut sebagai penghangat.

Durasi mencuci selimut biasanya tidak tergantung pada jenis bahannya sehingga tetap disarankan mencucinya setiap satu sampai bulan sekali. Namun, Anda tetap harus memeriksa petunjuk perawatan dari produsen selimut. 

Material selimut yang tidak disarankan sering dicuci rutin adalah yang terbuat dari bahan  halus dan mudah rusak, seperti selimut bulu angsa, selimut sutra, dan selimut wol.

Sebaiknya, mencuci selimut tersebut setiap enam bulan hingga satu tahun sekali, kecuali jika ada noda membandel. Jika terlalu sering mencuci selimut, ini dapat menyebabkan kerusakan dan tidak awet. 

Baca juga: Ini Waktu Terbaik Mencuci Selimut dan Caranya Menurut Ahli Kebersihan

Durasi mencuci selimut dengan penutup duvet

Mencuci selimut dengan penutup duvet dapat dilakukan lebih jarang daripada selimut tanpa penutup karena penutup duvet melindungi selimut dari noda serta kotoran.

Kathy Cohoon, Direktur Operasi Waralaba Two Maids—waralaba kebersihan asal Amerika Serikat—menyarankan mencuci selimut dengan penutup duvet setiap satu hingga dua tahun sekali.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com