Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Membuat Ruangan Lebih Terang Menurut Desainer

Kompas.com - 20/09/2023, 12:50 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki rumah yang terang dan mendapatkan banyak cahaya alami mungkin impian banyak orang. Sebab, cahaya matahari memberikan banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan mental.

Namun, untuk beberapa kondisi terkadang rumah tidak bisa mendapatkan cahaya matahari dengan maksimal. Misalnya, rumah yang berada di gang sempit yang akhirnya tidak mendapatkan pencahayaan matahari.

Jika kondisi rumah yang Anda miliki tidak mendapatkan paparan sinar matahari, maka Anda bisa memberikan penerangan lewat cahaya buatan atau desain rumah yang membuat ruangan lebih terang.

Baca juga: 7 Cara Membuat Ruang Tamu Lebih Terang Tanpa Banyak Lampu

Dilansir dari Southern Living, Rabu (20/9/2023), berikut ini beberapa cara membuat ruangan lebih terang menurut desainer terkenal.

Memasang banyak lampu

Memasang lampu menjadi cara paling mudah untuk membuat ruangan dalam rumah terlihat lebih terang. Lampu yang digunakan bisa berupa lampu overhead, lampu meja, atau lampu berdiri.

Ilustrasi cermin dan lampu di ruang tamu yang membuat ruangan lebih terangSHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi cermin dan lampu di ruang tamu yang membuat ruangan lebih terang

Amber Guyton, pendiri Blessed Little Bungalow di Atlanta, Georgia mengatakan bahwa menambahkan lampu dengan warna lembut akan membuat ruangan lebih cerah dan menarik.

Sebaiknya jangan gunakan lampu neon yang terlalu keras karena bisa membuat ruangan kurang hangat dan terlihat kurang alami.

Gunakan bahan-bahan reflektif

Selain memasang lampu, cara membuat ruangan lebih terang lainnya yaitu menggunakan bahan yang bersifat reflektif. Contoh paling sederhana yaitu dengan memasang cermin di ruangan.

Baca juga: 6 Tips Mendekor Ruangan agar Terlihat Lebih Terang da Luas

Guyton menerangkan bahwa cermin bisa memanipulasi pandangan, sehingga membuat ruangan terlihat lebih besar dibandingkan aslinya.

Sementara itu, Griffin, pendiri firma desain interior di Gainesville, Georgia mengatakan bahwa langit-langit berwarna putih juga bisa membuat ruangan lebih terang. Sebab, warna ini bisa memberikan pantulan cahaya dalam ruangan.

Menggunakan cat dinding berwarna terang

Dinding berwarna terang juga bisa membuat ruangan terasa lebih luas. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk memiliki cat warna netral yang lembut dan terang.

Hal ini juga berlaku untuk kayu, karpet, hingga ubin. Dengan demikian, ruangan di dalam rumah tak hanya terasa lebih terang, namun juga terasa lebih luas.

Baca juga: 5 Warna Cat Dinding Ini Bikin Ruang Tamu Tampak Lebih Terang

Pasang wallpaper bernuansa alam

Jika ruangan dalam rumah tidak memiliki jendela, salah satu cara membuat ruangan lebih terang yaitu dengan memasang wallpaper yang bernuansa alam.

Wallpaper bisa bermotif dedaunan, tanaman, atau bunga yang memberikan kesan alami. Selain wallpaper bermotif, hiasan dinding yang menghadirkan warna-warna cerah dan lembut juga bisa menjadi pilihan cara agar ruangan lebih terang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com