Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Membuat Kamar Tidur Gelap Lebih Terang Menurut Desainer Interior

Kompas.com - 13/09/2022, 11:18 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar tidur harus menjadi area yang nyaman saat di malam maupun di siang hari. Meskipun kebanyakan orang menyukai kamar tidur yang gelap di malam hari, namun saat pagi dan siang hari kamar tidur harus lebih terang.

Akan tetapi, bagaimana jika kamar tidur gelap disebabkan oleh plafon yang rendah, jendela kecil, atau kurangnya luas ruangan? 

Dilansir Homes and Gardens, Selasa (13/9/2022) ada beberapa ide dekorasi yang dapat membuat kamar tidur sempit dan gelap menjadi lebih terang, seperti berikut ini.

Baca juga: 3 Jenis Material Karpet Kamar Tidur Anak yang Tahan Lama

Ilustrasi kamar tidur. Kamar tidur dengan warna-warna tanah seperti coklat dan oranye diyakini dapat mendorong tidur nyenyak. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi kamar tidur. Kamar tidur dengan warna-warna tanah seperti coklat dan oranye diyakini dapat mendorong tidur nyenyak.

1. Gunakan elemen terang

Seringkali banyak orang memiliki furnitur yang memiliki makna, yang ingin tetap digunakan meskipun dapat sedikit menghambat cahaya dalam sebuah ruangan. 

Ada beberapa cara untuk menyiasatinya, misalnya, jika tempat tidur Anda gelap dan berat secara visual, Anda dapat mencerahkan kamar tidur dengan seprai pucat, hiasan dan karpet, dinding dan lantai berwarna terang, dan sebagainya.

Namun, perlu diingat furnitur gelap dengan sentuhan akhir pucat dapat menciptakan ruangan yang dingin dan tidak menyenangkan. 

Dengan demikian, selalu bijaksana untuk menambahkan elemen kehangatan dan tekstur, seperti dengan hiasan dinding, sandaran kepala berlapis kain, atau gorden dan karpet. 

Baca juga: 8 Ide Warna Netral untuk Kamar Tidur, Beri Nuansa Sejuk

2. Pilih lantai warna pucat

Lantai berwarna pucat akan langsung mengangkat ruangan yang secara alami berada di sisi gelap. Ini juga akan memantulkan cahaya ke atas, mencerminkan cahaya yang akhirnya dipantulkan dari langit-langit berwarna pucat.

Lantai kayu yang dicat atau dipernis akan menciptakan pantulan cahaya terbaik, tetapi jika Anda ingin menambah kenyamanan dan tekstur pada ruangan, atau karpet pucat juga bisa digunakan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com