Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stop Menyimpan Sikat Kloset Basah ke Dalam Wadah, Ini Bahayanya

Kompas.com - 08/01/2024, 07:18 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi tempat membuang kotoran, baik air besar maupun kecil, membuat kloset rentan mengalami kotor, bernoda, hingga berkerak.

Maka itu, menjaga kebersihan kloset menjadi hal penting. Membersihkan kloset idealnya dilakukan setiap seminggu atau dua minggu sekali. Namun, apabila jarang membersihkan kloset, kotoran dan noda bisa semakin sulit dihilangkan. 

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Kloset Mampet tanpa Penyedot

Sikat menjadi peralatan utama yang digunakan untuk membersihkan kloset. Sayangnya, setiap kali menggunakan sikat kloset ada beberapa kesalahan yang dilakukan, salah satunya terburu-buru menyimpan sikat kloset basah ke dalam wadah.

Will Cotter, COO FreshSpace Cleaning, mengatakan menyimpan sikat kloset basah ke dalam wadah dapat menjadi undangan bagi kuman dan semua pertumbuhan bakteri dapat menyebabkan bau kamar mandi yang tidak sedap.

"Bakteri menyukai kelembapan," katanya dikutip dari The Spurce, Senin (8/1/2024). 

Sebaliknya, berikan waktu untuk mengeringkan sikat kloset terlebih dahulu. Jessica Samson, ahli kebersihan di The Maids, mengatakan untuk membiarkan sikat di antara dudukan dan kloset, lalu biarkan mengering setidaknya selama satu jam. 

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Kloset yang Tepat agar Bebas Kuman

"Setelah kering, Anda bisa memasukkan sikat kloset ke wadah," ucapnya. 

Selain merusak semua pekerjaan yang telah dilakukan, menyimpan sikat kloset basah ke wadahnya dapat menciptakan peluang tumbuhnya jamur atau lumut di kamar mandi. 

Munculnya jamur ini bisa menimbulkan rasa gatal serta masalah kesehatan yang besar. "Cara menghentikan hal ini adalah memberi sikat kloset "ruang untuk bernapas," kata Cotter.

Jika membersihkan kamar mandi untuk mengantisipasi kedatangan tamu, gosoklah kloset lebih awal dan beri waktu cukup mengeringkannya. 

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Air Sadah pada Kloset

Kapan perlu membersihkan sikat kloset? 

Ilustrasi sikat kloset atau membersihkan kloset.Shutterstock/ReaLiia Ilustrasi sikat kloset atau membersihkan kloset.
Sikat kloset layak dihargai mengingat tugas yang telah dilakukannya. Sama dengan kloset, sikat kloset perlu dibersihkan dengan baik dari waktu ke waktu, bukan hanya dengan satu atau dua kali siraman air bersih ke dalam mangkuk toilet. 

Samson menyarankan membersihkan sikat kloset setidaknya sekali dalam dua minggu. Tipsnya adalah menyemprot sikat dengan hidrogen peroksida, bahan rumah tangga murah yang dikenal sebagai pembersih dan disinfektan.

"Ini akan membunuh bakteri serta menjaga sikat kloset tetap segar dan bersih selama berhari-hari," imbuh Samson.

Cotter merekomendasikan merendam sikat kloset setidaknya selama beberapa menit di dalam ember berisi air sabun panas dengan sedikit pemutih atau pembersih disinfektan. 

Demi keamanan, ia mengingatkan untuk memakai sarung tangan dan bekerja di tempat yang berventilasi. Kemudian, bilas sikat secara menyeluruh dengan air bersih dan biarkan mengering. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com