Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan dan Berapa Lama Sebaiknya Bantal Harus Diganti?

Kompas.com - 01/01/2024, 09:08 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Para ahli setuju bahwa tidur yang berkualitas pada siang ataupun malam hari sangat berpengaruh pada kesehatan mental dan fisik.

Salah satu cara mendapatkan tidur yang baik adalah dengan mengoptimalisasi ruang tidur, termasuk ranjang dan perlengkapannya.

Bantal pun menjadi komponen penting karena seseorang menghabiskan waktu berjam-jam dengan beristirahat menggunakan bantal.

Baca juga: 6 Cara Membersihkan Bantal yang Menguning, Bisa Pakai Garam dan Cuka

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kualitas dan kebersihan dari bantal. Apalagi, tidak mengganti bantal secara berkala dapat menyebabkan kerusakan, alergi, sampai sakit leher.

Kapan sebaiknya bantal diganti?

Dikutip dari Forbes, Jumat (29/12/2023), Yayasan Asma dan Alergi Amerika (AAFA) merekomendasikan penggantian bantal setidaknya dua tahun sekali. Seperti halnya kasur, bantal juga memiliki umur.

Sementara itu, kebanyakan ahli juga merekomendasikan penggantian bantal setiap satu hingga dua tahun sekali, dilansir dari Sleepfoundation.org.

Mengganti bantal secara berkala akan membuat bantal tersebut tetap bersih, bebas alergen, dan awet.

Baca juga: Seberapa Sering Harus Mencuci Bantal agar Tak Jadi Sarang Kuman?

Ada setidaknya tiga alasan utama sebuah bantal harus diganti, yaitu faktor kenyamanan, kebersihan, dan kesehatan, seperti dikutip dari Better Homes and Gardens. 

Meski sarung bantal tampaknya melindungi bantal dari kotoran, sebenarnya keringat dan minyak tubuh dapat menembus sarung bantal hingga masuk ke dalam bantal.

Apalagi, bantal digunakan setiap hari. Sehingga kotoran pun ikut menumpuk, dan akan mulai menyebabkan iritasi kulit serta alergi dalam jangka waktu lama. 

Tanda-tanda bantal sudah harus diganti

Mencuci sarung bantal secara teratur dan bantal jika bisa dicuci dengan mesin, memang membantu. Namun, kamu masih perlu mengganti bantal tersebut suatu saat nanti.

Jika kamu menyadari bantal mulai rata atau menggumpal dan kamu mengalami rasa tidak nyaman seperti nyeri leher di pagi hari, kemungkinan besar bantal sudah perlu diganti.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com