Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Sarung Bantal Sofa dari Kain dan Kulit

Kompas.com - 23/12/2023, 21:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Bantal sofa merupakan perlengkapan yang membuat sofa lebih nyaman. Bantal sofa digunakan untuk menopang tubuh saat bersandar di sofa.

Bantal sofa biasanya dilapisi dengan sarung bantal dari kain atau kulit, tergantung pada material sofa yang digunakan.Sarung bantal sofa juga mudah kotor, terutama jika sofa digunakan setiap hari.

Baca juga: Seberapa Sering Harus Mengganti Sarung Bantal?

Cara membersihkan sarung bantal sofa sebenarnya mudah, hanya saja perlu hati-hati agar tidak rusak. Bahan dan teknik membersihkan sarung bantal sofa perlu disesuaikan dengan materialnya.

Dikutip dari Real Simple, Sabut (23/12/2023), berikut ini cara membersihkan sarung bantal sofa dari kain dan kulit dengan benar agar tidak rusak.

Alat dan bahan yang dibutuhkan

Ilustrasi bantal sofa. SHUTTERSTOCK/JODIE JOHNSON Ilustrasi bantal sofa.

  • Penyedot debu
  • Kain bersih
  • Botol semprot
  • Detergen ringan
  • Penghilang noda (opsional)
  • Soda kue
  • Pembersih kulit
  • Kondisioner kulit

Baca juga: Cara Membersihkan Bantal Sofa Berdasarkan Bahannya

Cara membersihkan sarung bantal sofa dari kain

Banyak bantal sofa yang dilapisi dengan sarung kain. Langkah awal yang perlu dilakukan saat membersihkan sarung bantal sofa dari kain yaitu menyedot debu menggunakan vacuum cleaner.

Setelah itu, lepaskan sarung bantal dengan cara membuka resleting pada sarung bantal dan balikkan sarung bantal, sehingga bagian dalam akan menjadi bagian luas. Tujuannya untuk menjaga agar kain tidak rusak.

Selanjutnya, gunakan penghilang noda lembut atau sedikit detergen untuk menghilangkan noda pada sarung bantal. Lalu, cuci sarung bantal sofa menggunakan air dingin dan tambahkan pembersih lembut.

Jika mencuci di dalam mesin, maka gunakanlah mode pencucian halus. Pastikan mencuci sarung bantal menggunakan detergen bebas warna agar tidak meninggalkan residu pada bantal.

Baca juga: Cara Membersihkan Bantal Berdasarkan Bahan dan Jenisnya

Setelah proses pencucian selesai, keringkan bantal dengan cara menjemur di area yang terkena sinar matahari, namun tidak terlalu terik.

Sebaiknya tidak menggunakan pengering bersuhu tinggi karena bisa membuat sarung bantal kusut. Terakhir, pasang kembali sarung bantal saat masih lembap agar kerutan lebih mudah dihaluskan.

Cara mencuci sarung bantal sofa dari kulit

Ilustrasi sofa, bantal sofa. SHUTTERSTOCK/GROUND PICTURE Ilustrasi sofa, bantal sofa.

Selain dari kain, sarung bantal sofa juga ada yang terbuat dari kain. Langkah awal untuk membersihkan sarung bantal sofa dari kulit yaitu menyedot debu menggunakan vacuum cleaner.

Selanjutnya, semprotkan pembersih kulit ke kain bersih dan gunakan untuk mengelap sarung bantal sofa dari kulit.

Baca juga: Ini Alasan Harus Mencuci Sarung Bantal Secara Teratur

Pastikan seluruh bagian dibersihkan dengan rata. Terakhir, oleskan kondisioner kulit pada bantal sofa menggunakan kain bersih dan biarkan mengering.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com