Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Memadukan Bantal Sofa agar Tampak Menarik

Kompas.com - 15/11/2023, 16:58 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Sofa yang empuk akan memberikan kenyamanan lebih, terlebih jika dilengkapi dengan bantal sofa  yangs esuai.

Bantal sofa tidak hanya menambahkan kenyamanan dan berfungsi sebagai sandaran, tetapi juga meningkatkan tampilan serat estetika sofa.  

Baca juga: Gampang, Ini 5 Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap dari Sofa

Namun, memilih dan memadukan bantal sofa yang tepat tidaklah mudah. Anda perlu memadukan bantal sofa dengan tepat untuk mendapatkan tampilan sempurna,

Dilansir dari The Spruce, Rabu (15/11/2023), berikut sejumlah cara memadukan bantal sofa agar tampak menarik. 

Tiga warna

Ilustrasi bantal sofa. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO Ilustrasi bantal sofa.
Memilih tiga warna adalah langkah pertama yang paling penting dalam memilih bantal untuk ruang tamu. Hal ini dapat menciptakan tampilan yang kohesif dan menarik.

Cobalah bereksperimen mengombinasikan warna, seperti merah tua, oranye, dan hijau tua atau magenta, violet, dan kuning mustard.

Kombinasi warna ini bekerja karena menggunakan warna-warna yang berlawanan dalam roda warna dan membuat ruangan terlihat lebih hidup. 

Baca juga: 4 Cara Membersihkan dan Menghilangkan Bau Apak pada Sofa

Tiga pola

Selanjutnya, cara memadukan bantal sofa adalah memilih tiga pola berbeda. Pola ini dapat menciptakan tampilan menarik dan unik pada bantal sofa.

Namun, penting memastikan bahwa pola-pola tersebut saling melengkapi dan tidak bersaing satu sama lain. Anda dapat menggunakan pola berbeda dalam gaya berbeda.

Misalnya, menggabungkan pola bunga dengan geometris atau pola abstrak. Selain itu,  menggunakan pola yang berbeda dalam warna yang sama untuk menjaga tampilan yang kohesif. 

Baca juga: 5 Cara Menata Dua Sofa di Ruang Keluarga agar Tampak Menarik

Tiga ukuran

Tiga ukuran bantal sofa yang berbeda dapat membantu menciptakan tampilan yang seimbang, menarik, dan membuat ruang tamu terlihat lebih hidup.

Anda dapat menggunakan satu bantal besar di tengah sofa dan dua bantal lainnya dengan ukuran lebih kecil di sisi kanan dan kirinya untuk membantu menciptakan keseimbangan.

Tiga tekstur

Ilustrasi bantal sofa. SHUTTERSTOCK/JODIE JOHNSON Ilustrasi bantal sofa.
Memilih tiga tekstur yang berbeda juga menjadi cara memadukan bantal sofa. Hal ini dapat membantu menambahkan kedalaman dan dimensi pada ruangan serta membuat ruangan terasa lebih nyaman dan mengundang.

Anda dapat menggunakan tekstur halus untuk bantal besar dan tekstur kasar untuk bantal kecil. Selain itu, gabungkan tekstur alami dengan tekstur buatan.

Memilih tiga tekstur yang berbeda dalam warna sama juga membantu menjaga tampilan yang kohesif. 

Baca juga: Simak, 6 Tips Menata Bantal Sofa agar Tampak Menarik

Ikuti apa yang disukai

Terakhir, cara memadukan bantal sofa adalah mengikuti apa yang Anda sukai. Jika lebih menyukai menggunakan lebih banyak atau sedikit warna, pola, atau ukuran, jangan takut  bereksperimen.

Cobalah berbagai kombinasi warna, pola, dan ukuran sampai menemukan tampilan yang Anda sukai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com