Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Manfaat Menggunakan Bantal Kapuk, Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Kompas.com - 15/10/2023, 15:36 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Dengarden


JAKARTA, KOMPAS.com – Bantal adalah penyangga kelapa yang biasanya digunakan untuk tidur di atas kasur. Dengan menggunakan bantal, maka Anda bisa tidur dengan nyaman.

Bantal biasanya terbuat dari material yang empuk dan lembut. Salah satu bahan yang digunakan untuk membuat bantal yaitu kapuk.

Kapuk adalah serat alami dari pohon kapuk. Serat kapuk lembut sehingga cocok digunakan untuk membuat bantal.

Selain bisa membuat tidur lebih nyaman, penggunaan bantal kapuk juga memberikan banyak manfaat lain. Dilansir dari Dengarden, Minggu (15/10/2023), berikut beberapa manfaat menggunakan bantal kapuk yang sayang untuk dilewatkan.

Baca juga: 5 Jenis Bantal Berdasarkan Fungsinya, Apa Saja?

Terhindar dari bahan kimia dan beracun

Secara alami, pohon kapuk tumbuh di hutan atau perkebunan yang tidak membutuhkan perawatan rutin. Bahkan, tanaman kapuk terkadang tumbuh liar.

Perawatan tanaman ini tidak menggunakan bahan kimia. Maka dari itu, serat kapuk yang dihasilkan tidak mengandung bahan kimia atau beracun. Oleh karena itu, penggunaan bantal kapuk baik untuk kesehatan.

Ilustrasi bantal.Shutterstock/New Africa Ilustrasi bantal.

Mencegah pertumbuhan jamur, bakteri, dan lumut

Serat kapuk secara alami bisa menolak kelembapan, sehingga bantal dari kapuk tidak akan ditumbuhi jamur, lumut, dan bakteri.

Selain itu, serat kapuk juga bersifat hipoalergenik, anti mikroba, tahan tungau, dan tahan debu.

Baca juga: 4 Masalah Bantal yang Bisa Ganggu Kualitas Tidur, Apa Saja?

Membuat tidur lebih nyenyak

Manfaat menggunakan bantal kapuk juga bisa membuat tidur lebih nyenyak. Bantal yang empuk dan lembut bisa memberikan kenyamanan.

Selain itu, kemampuan bantal kapuk menolak kelembapan bisa membuat tidur lebih nyenyak dan membuat kelapa tetap sejuk, sehingga tidur lebih lelap.

Menjaga kesehatan

Banyak penelitian yang menunjukan bahwa zat beracun dan bahan kimia dalam batak non-organik bisa menyebabkan masalah reproduksi, perkembangan, dan neurologis.

Sedangkan bantal dari kapuk organik bisa mencegah penyakit. Bahkan, bantal kapuk diketahui bisa meredakan sakit kepala, nyeri pada leher, nyeri otot. Dan stres. Maka dari itu, penggunaan bantal kapuk bisa membuat tubuh lebih sehat.

Baca juga: 7 Tanda Sudah Saatnya Harus Mengganti Bantal

Tahan lama

Serat kapuk tergolong sebagai serat yang kuat. Oleh karena itu, bantal dari kapuk bisa digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Bahkan, saat bantal kapuk mulai tipis, Anda bisa menjemur bantal agar kembali tebal dan empuk. Penjemuran bantal disarankan setiap sebulan sekali agar bantal tetap nyaman saat digunakan.

Lebih ramah lingkungan

Manfaat menggunakan bantal kapuk lainnya yaitu lebih ramah lingkungan. Sebab, kapuk berasal dari bahan alami yang minim bahan kimia dan beracun.

Selain itu, saat sudah tidak digunakan bantal dari kapuk mudah terurai dibandingkan dengan bantal dari serat sintetis.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com