Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/12/2023, 16:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah Natal usai, biasanya para pemilik rumah akan menyimpan kembali dekorasi Natal yang telah digunakan.

Salah satu dekorasi Natal yang bisa disimpan dan digunakan kembali tahun depan yaitu pohon Natal buatan.

Baca juga: 5 Cara Menyimpan Dekorasi Natal agar Rapi dan Tidak Rusak

Pohon Natal palsu memiliki perawatan yang mudah. Namun, penyimpanannya harus dilakukan dengan benar agar tidak rusak dan bisa digunakan kembali di Natal berikutnya.

Dikutip dari Better Homes & Gardens, Minggu (31/12/2023), berikut ini cara menyimpan pohon Natal dengan benar agar bisa digunakan kembali tahun depan.

Ambil semua hiasan yang terpasang di pohon Natal

Ilustrasi pohon natal kecil. SHUTTERSTOCK/FUSIONSTUDIO Ilustrasi pohon natal kecil.

Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum menyimpan pohon Natal palsu yaitu melepaskan semua hiasan yang terpasang di pohon Natal. Dekorasi pohon Natal yang sudah rusak sebaiknya dibuang atau diperbaiki terlebih dahulu sebelum disimpan.

Lalu, simpan dekorasi pohon Natal did dalam wadah khusus yang rapat dan bersih. Tempat penyimpanan yang tepat akan membuat dekorasi pohon Natal lebih awet.

Baca juga: 5 Cara Membuat Pohon Natal Terlihat Mewah

Bersihkan cabang-cabang pohon Natal

Setelah semua hiasan dilepas, langkah selanjutnya yaitu membersihkan setiap cabang pohon Natal.

Jennifer Derry, chief merchandising officer di Balsam Hill mengatakan untuk pohon Natal yang memiliki penerangan, seka dahan dengan kain bersih dan kering. Mulai dari bagian atas, kemudian perlahan membersihkan dahan di sekitar bola lampu.

Namun, jika pohon Natal tidak dipasangi lampu, maka bisa dibersihkan menggunakan sikat bulu. Berhati-hatilah saat membersihkan cabang pohon Natal agar tidak rusak.

Sementara itu, apabila pohon Natal diberi hiasan seperti salju, maka gunakan kain mikrofiber kering atau kain lembap untuk menghilangkan debu di pohon Natal. Jangan gunakan penyedot debu karena bisa menyebabkan hiasan salju rusak.

Baca juga: Antirusak, Ini Cara Membersihkan Pohon Natal Buatan

Perhatikan teknik penyimpanannya

Derry juga mengingatkan untuk memperhatikan teknik penyimpanan agar pohon Natal tetap indah dan tidak rusak selama penyimpanan. Teknik penyimpanan dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti; jenis pohon, ukuran, dan wadah yang digunakan.

Banyak pohon Natal buatan yang bisa dibongkar dan disimpan dengan mudah. Cara penyimpanan seperti ini bisa menghemat ruang.

Namun, jika memiliki ruangan yang luas, maka pohon Natal bisa disimpan dengan posisi tegak tanpa membongkarnya. Berikut ini beberapa teknik penyimpanan pohon Natal yang bisa dipilih.

Baca juga: Catat, 5 Tips Membeli Pohon Natal untuk Pertama Kali

  • Penyimpanan tegak

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, cara menyimpan pohon Natal ini cocok untuk rumah yang luas. Pohon Natal yang disimpan secara tegak biasanya disimpan di dalam tas khusus yang ukurannya besar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com