Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/12/2022, 10:02 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menghias pohon Natal dan menggantung lampu kelap kelip di ruangan adalah menjadi kegiatan rutin yang dilakukan setiap Natal.

Namun, setelah Tahun Baru bergulir, ini menjadi saat mengembalikan atau menyimpannya semuanya. 

Baca juga: Sambut Natal, Ini 6 Cara Membuat Rumah Terasa Nyaman dan Mengundang

Berbeda dengan memasang, menyimpan dekorasi Natal hampir tidak menyenangkan serta bersemangat melakukannya.

Tak jarang, beberapa orang asal menyimpan sehingga banyak ornamen atau hiasan Natal yang rusak atau hilang. 

Namun, untungnya kini, menyimpan pohon dan dekorasi Natal bisa menjadi tugas yang lebih menyenangkan dan efisien setelah memiliki rencana.

Nah, dikutip dari Better Homes and Gardens, Sabtu (10/12/2022), berikut cara menyimpan dekorasi Natal agar rapi dan tidak rusak. 

Baca juga: Cara Membersihkan Dekorasi Pohon Natal Berdasarkan Jenisnya 

Hati-hati pilih lokasi penyimpanan 

Ilustrasi menyimpan dekorasi Natal.Shutterstock/Barnaby Chambers Ilustrasi menyimpan dekorasi Natal.
Memiliki area khusus untuk menyimpan dekorasi Natal adalah langkah pertama membuat proses ini tidak terlalu membuat stres.

Bergantung pada ukuran ruangan, iklim lokasi, dan luas barang, garasi, ruang bawah tanah, gudang, atau loteng sangat ideal untuk menampung semuanya. Lokasi ini bisa menyimpan dekorasi dan pohon Natal tetap aman. 

Namun, jika rumah kekurangan ruang bonus ini atau suhunya tidak ideal, pertimbangkan menggunakan kamar tidur tamu atau lemari penyimpanan seperti yang berada di bawah tangga.

Alternatifnya, Anda mungkin harus memisahkan dekorasi dalam dan luar ruangan jika tidak memiliki ruang untuk menyimpan semuanya di satu tempat. Setelah menentukan suatu area, saatnya menyortir serta menyimpan dekorasi Natal. 

Baca juga: Catat, 10 Kesalahan Dekorasi Natal yang Harus Dihindari di Rumah 

Rawat pohon Natal buatan 

Jika memasang pohon Natal palsu setiap tahun, kemungkinan itu adalah barang terbesar yang harus disimpan. Sebaiknya, berinvestasi dalam penutup ritsleting.

Setelah melepas semua hiasan Natal dari pohon, lipat dahan, letakkan pohon di dalam tas, kemudian simpan tegak di lemari penyimpanan untuk menjaga kondisinya.

Meski bisa meletakkannya secara horizontal, itu bisa hancur seiring waktu. Karena itu, sebaiknya menghindari menyimpan pohon Natal secara horizontal.

Selain itu, hindari penggunaan kotak asli yang dapat rusak, terutama dalam kondisi lembap. Untuk solusi DIY untuk menyimpan pohon Natal, tempelkan kantong sampah ekstra besar di atas pohon dan ikat di bagian bawah atau gunakan gulungan plastik untuk membungkusnya, lalu potong dengan hati-hati di tahun berikutnya. 

Baca juga: 9 Keuntungan Menggunakan Pohon Natal Palsu, Minim Risiko Kebakaran 

Atur ornamen dengan aman

Ilustrasi menyimpan dekorasi Natal.Shutterstock/Brett Hondow Ilustrasi menyimpan dekorasi Natal.
Ornamen adalah beberapa barang dekorasi yang paling rapuh dan sentimental, jadi penting  memperlakukannya secara hati-hati.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com