Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/12/2023, 15:31 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Tempat tidur yang nyaman akan membuat waktu istirahat menjadi lebih berkualitas. Salah satu cara membuat tempat tidur lebih nyaman yaitu dengan memasang seprai.

Seprai adalah kain yang berfungsi untuk melindungi dan melapisi kasur. Dengan menggunakan seprai, maka tempat tidur tetap bersih dan tubuh tidak langsung mengenai kasur, sehingga lebih nyaman.

Baca juga: 5 Rahasia Merawat Seprai agar Tahan Lama

Namun, penting untuk diketahui bahwa seprai tidak bisa digunakan seumur hidup. Seprai juga memiliki umur pakai yang penting untuk diperhatikan.

Meski demikian, umur pakai seprai bisa diperpanjang dengan perawatan yang tepat. Dikutip dari Better Homes & Gardens, Minggu (17/12/2023), berikut cara merawat seprai agar lebih tahan lama.

Berapa umur pakai seprai?

Ilustrasi seprai berwarna putihShutterstock/Mayuree Moonhirun Ilustrasi seprai berwarna putih

Sama seperti perlengkapan rumah lainnya, seprai juga memiliki masa pakai. Rex Isap, CEO Happy Beds mengatakan seprai umumnya memiliki umur pakai 2 hingga 5 tahun.

Umur pakai tersebut dipengaruhi oleh perawatan dan materialnya.

Namun, Paroma Ijaz, CEO Pure Parima mengatakan seprai mewah seperti katun mesir bisa bertahan 10 tahun atau lebih.

Baca juga: Tips Merawat Seprai Katun agar Lebih Awet Digunakan

 

Sementara itu, seprai seperti linen dan poliester tidak bertahan lama setelah beberapa kali dicuci.

Ijaz juga menerangkan masa pakai seprai bergantung pada kualitas bahan, penggunaan, dan perawatan. Jika memiliki seprai berkualitas bagus dan merawatnya benar sesuai petunjuk, maka seprai bisa tahan lama dan membuat tidur lebih nyenyak.

Cara merawat seprai dengan benar

Perawatan seprai meliputi pencucian dan penyimpanan. Berikut ini cara mencuci dan menyimpan seprai dengan benar agar tahan lama.

Cara mencuci seprai

Sebelum mencuci seprai, sebaiknya baca terlebih dahulu label perawatan seprai tersebut. Sebab, setiap bahan memiliki cara mencuci yang berbeda.

Setelah membaca petunjuk perawatan, langkah selanjutnya yaitu membersihkan noda yang menempel di kain seprai. Noda pada seprai bisa dibersihkan menggunakan jus lemon.

Baca juga: Cara Mencuci Seprai Putih agar Kembali Kinclong

Jus lemon akan membuat seprai lebih cerah tanpa merusak kain tersebut. Selanjutnya, pilih detergen sesuai dengan material seprai.

Gunakan detergen lembut untuk membersihkan seprai berbahan katun dan campuran katun-poliester. Sementara itu, seprai dari linen dan sutra harus dibersihkan menggunakan detergen khusus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com