Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/10/2023, 22:30 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Jamur bisa tumbuh di segala sudut rumah, tak terkecuali lemari dapur. Jamur akan membuat lemari dapur menjadi kotor.

Bahkan, jamur tersebut bisa mengkontaminasi makanan atau bahan makanan yang disimpan dalam lemari tersebut.

Maka dari itu, jamur di lemari dapur harus segera dibersihkan agar tidak menyebar ke seluruh bagian. Dilansir dari Majestic Cabinets, Selasa (31/10/2023), berikut ini cara membersihkan lemari dapur yang berjamur.

Baca juga: 9 Cara Membersihkan Lemari Dapur agar Kembali Kinclong

Penyebab lemari dapur berjamur

Sebelum mempelajari lemari berjamur, tak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dahulu penyebab jamur tersebut menyebar. Jamur bisa menyebar dengan luas di dapur karena dapur sangat cocok untuk tempat pertumbuhan mikroba ini.

Penyebab utamanya yaitu karena kelembapan di dapur cukup tinggi. Jika Anda memasak tanpa menggunakan kipas ekstraktor, maka potensi jamur tumbuh semakin besar.

Ilustrasi membersihkan kitchen set, membersihkan lemari dapur.SHUTTERSTOCK/UNDREY Ilustrasi membersihkan kitchen set, membersihkan lemari dapur.

Selain itu, kelembapan dapur juga bisa diakibatkan oleh adanya kebocoran pipa di area wastafel dapur. Alat makan yang basah juga dapat memicu kelembapan di area dapur.

Kelembapan akibat alat makan yang basah bisa membuat jamur tumbuh dengan cepat. Maka dari itu, sangat disarankan untuk mengeringkan alat makan sebelum disimpan dalam lemari dapur.

Baca juga: 9 Cara Membersihkan Lemari Dapur agar Kembali Kinclong

Jamur juga bisa tumbuh di makanan atau bahan makanan yang tertinggal dan tercecer di sekitar lemari dapur.

Cara membersihkan lemari berjamur

Setelah mengetahui penyebab pertumbuhan jamur di dapur, langkah selanjutnya yaitu mempelajari cara membersihkan lemari dapur yang berjamur.

Membersihkan jamur di lemari bisa dilakukan dengan melakukan pembersihan secara menyeluruh. Anda dapat menggunakan pemutih atau bahan pembersih jamur yang khusus digunakan untuk memusnahkan jamur di lemari.

Langkah membersihkan jamur di lemari diawali dengan mengisi botol dengan pembersih khusus. Kemudian, semprotkan ke seluruh bagian lemari.

Lalu, gunakan sikat untuk menggosok seluruh bagian yang ditumbuhi jamur. Anda bisa menggunakan sikat gigi agar bisa menjangkau area yang sempit.

Baca juga: Cara Membersihkan Lemari Dapur dengan Benar Menurut Ahli

Setelah selesai, semprotkan larutan pemutih ke seluruh bagian lemari. Tujuannya untuk memastikan jamur dan bakteri benar-benar sudah mati atau hilang dari lemari tersebut. Kemudian, seka sisa pembersih agar lemari tidak lembap.

Itulah cara membersihkan lemari dapur yang berjamur. Kegiatan perawatan ini perlu dilakukan dengan rutin. Sebab, jamur tak hanya membuat lemari tampak kotor dan buruk, jamur juga bisa menurunkan kualitas makanan dan secara tidak langsung mempengaruhi kesehatan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com