Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Jamur di Furnitur Kayu, Pakai Cuka

Kompas.com - 15/08/2023, 11:27 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Lifehacker

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu masalah yang sering timbul di furnitur kayu adalah pertumbuhan jamur. Jangan mengabaikan kondisi furnitur kayu berjamur tersebut, karena bisa membuatnya rusak.

Jika Anda menemukan jamur pada furnitur kayu, itu mungkin sesuatu yang bisa Anda atasi sendiri. Berikut caranya, dikutip dari Lifehacker, Selasa (15/8/2023).

Cara menghilangkan jamur pada furnitur kayu

Beberapa jenis jamur dapat tumbuh pada furnitur kayu. Jika Anda berurusan dengan jamur hitam, itu mungkin bukan sesuatu yang harus Anda coba tangani sendiri.

Baca juga: 5 Cara Menyingkirkan Furnitur Lama dari Rumah

Ilustrasi furnitur kayu. PEXELS/CURTIS ADAMS Ilustrasi furnitur kayu.

Kalau tidak, seringkali mungkin untuk menghilangkan jamur dari furnitur kayu menggunakan produk yang sudah Anda miliki di rumah.

Sebelum menghilangkan jamur pada furnitur kayu, kenakan sarung tangan pelindung, kacamata, dan masker wajah. Ini untuk menghindari paparan spora jamur ke mata dan sistem pernapasan Anda.

Bersihkan furnitur kayu untuk menghilangkan spora jamur atau debu yang lepas. Ini idealnya dilakukan dengan vacuum cleaner dengan filter HEPA.

Jika memungkinkan, pindahkan furnitur ke luar ruangan atau ke garasi untuk dibersihkan. Anda juga bisa menutupi area di sekitarnya dengan terpal plastik.

Baca juga: Kesalahan Penempatan Furnitur Ini Bikin Ruangan Jadi Terasa Sempit

Isi botol semprot kosong yang bersih dengan air hangat, tambahkan satu sendok teh sabun cuci piring, dan kocok. Kemudian, semprotkan permukaan furnitur dengan larutan tersebut.

Gosok bagian yang berjamur dengan sikat berbulu lembut seperti sikat gigi bekas. Gunakan lap terpisah untuk menghilangkan sisa cairan atau busa saat Anda melakukannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com