Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Furnitur Kulit Pakai Telur, Jadi Kembali Mengilap

Kompas.com - 30/07/2023, 14:58 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Furnitur kulit adalah tren dekorasi rumah yang tidak pernah ketinggalan zaman. Material kulit selalu memancarkan nuansa elegan dan kemewahan.

Namun demikian, meskipun kulit adalah bahan yang kuat, tetap saja membutuhkan perawatan yang konsisten untuk mempertahankan umur panjangnya. Jika furnitur kulit mulai menunjukkan tanda-tanda usia dan aus, maka Anda bisa menggunakan telur untuk membersihkannya.

Dikutip dari House Digest, Minggu (30/7/2023), kunci untuk menghidupkan kembali furnitur kulit terletak pada telur. Secara khusus, putih telur memiliki kekuatan untuk melakukan keajaiban pada furnitur kulit agar mengilap kembali dan tampak seperti baru.

Baca juga: Jangan Gunakan Kain Lap Basah untuk Membersihkan Sofa Kulit, Kenapa?

Cara membersihkan furnitur kulit pakai telur

Ilustrasi sofa kulit.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi sofa kulit.

Yang Anda butuhkan hanyalah dua benda sederhana, yakni sebutir telur dan kain pembersih yang lembut. Memecahkan telur ke dalam mangkuk terpisah mungkin berguna.

Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah memisahkan kuning telur dari putih telur, sehingga Anda hanya dapat menggunakan putih telur untuk pembersihan.

Jadi, pecahkan telur ke dalam mangkuk terpisah, keluarkan kuning telur dengan hati-hati, dan sisihkan cairan putih telur bening untuk pembersihan furnitur kulit yang sempurna.

Selanjutnya, ambil kain pembersih dan oleskan putih telur ke atasnya. Alternatifnya, Anda bisa meneteskan putih telur langsung ke permukaan kulit.

Baca juga: Cara Mengatasi Lecet di Sofa Kulit Pakai Petroleum Jelly

Dengan tekanan yang lembut namun kuat, mulailah menggosokkan kain dan putih telur dengan gerakan melingkar pada kulit. Lanjutkan metode ini sampai film telur yang lengket menghilang, kerjakan di seluruh furnitur kulit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com