Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/01/2023, 13:57 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Furnitur berbahan kulit, seperti sofa, memiliki tampilan mewah dan daya tahan lebih lama jika dirawat dengan baik.

John Mahdessian, Presiden Layanan Dry-Cleaning Madame Paulette, mengatakan menjauhkan sofa kulit dari sinar matahari merupakan salah satu perawatan mencegah materialnya memudar. 

Baca juga: 6 Tren Sofa yang Harus Dihindari pada 2023, Beludru hingga Sofa Murah

"Gunakan semir furnitur kulit sebulan sekali untuk memberikan hasil akhir yang bagus," tambahnya dilansir dari Real Simple, Rabu (11/1/2023). 

Setelah kulit disegarkan dan diperbarui, furnitur kulit dapat bertahan selama bertahun-tahun dengan perawatan rutin.

Lantas, seberapa sering perlu membersihkan sofa kulit?

Mahdessian merekomendasikan membersihkan sofa kulit berwarna terang setiap enam bulan dan berwarna gelap setahun sekali. Nah, berikut cara tepat membersihkan sofa kulit agar terlihat baru.  

Baca juga: Cara Memperbaiki Tampilan Benda dan Furnitur Kulit yang Mulai Rusak

Ilustrasi sofa kulitSHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Ilustrasi sofa kulit
Benda dan alat yang dibutuhkan 

  • Kondisioner atau pembersih kulit.  
  • Sabun cuci piring ringan. 
  • Kain mikrofiber. 
  • Baking soda. 

Cara membersihkan sofa kulit 

1. Mulailah menyedot debu sofa kulit untuk menghilangkan remah-remah, kemudian bersihkan untuk menghilangkan kotoran yang tersisa.

Untungnya, sofa kulit tidak berpori seperti sofa berlapis kain sehingga lebih mudah dibersihkan. Jika bantal sofa bisa dilepas, jangan lupa menyedot bagian bawahnya. 

2. Setelah itu, membersihkan noda dengan mencelupkan kain bersih ke dalam mangkuk berisi air hangat yang dicampur sabun cuci piring, lalu peras hingga lembap.  

Baca juga: Cara Membersihkan Sofa Kulit Sintetis agar Penampilannya Terjaga

Gosokkan kain pada lingkaran kecil di sekitar noda sampai terhapus. Jangan menggosok bolak-balik karena menyebabkan lebih banyak keausan dan merusak permukaan kulit. Jika itu noda minyak, gunakan kain kering dan sedikit baking soda untuk menyerapnya.

3. Keringkan sofa dengan baik. Air cenderung melemahkan bahan kulit jika dibiarkan mengering sendiri sehingga penting mendapatkan lap kering dan mengeringkan sofa dari atas ke bawah.

Ilustrasi sofa kulit. UNSPLASH/MINDAUGAS NORVILAS Ilustrasi sofa kulit.
4. Pembersih kulit dapat membantu mengurai kotoran dan noda dari sofa kulit sehingga terlihat seperti baru. Anda bisa menggunakan beberapa produk 2-in-1 serta mengandung pembersih dan kondisioner. 

Baca juga: Sofa Kulit Vs Sofa Kain, Mana yang Lebih Baik?

Semprotkan pembersih ke kain, bukan langsung ke furnitur, untuk mencegahnya meninggalkan bekas semprotan.

Gosok dengan lembut ke sekeliling sofa dan pastikan  membersihkan tepi serta celah. Kerjakan dari atas ke bawah untuk menghindari bekas polesan yang tidak rata.

5. Setelah membersihkan sofa kulit, pastikan  menghapus sisa pembersih sebelum mengondisikan sofa. Ambil kondisioner favorit, baik dalam bentuk semprotan atau botol, dan oleskan sedikit pada kain bersih.

Kondisioner sangat bagus karena mengandung minyak sehat untuk membuat furnitur kulit terlihat segar, harum, dan tetap lembap. 

Baca juga: Cara Membersihkan Sofa Kulit agar Terlihat Baru 

6. Setelah selesai mengoleskan kondisioner, biarkan bahan kulit mengering sekitar satu jam agar produk meresap dan hindari minyak mengenai pakaian. Setelah kering, sofa kulit akan terlihat seperti baru dibeli dari toko.

Catatan: Hindari penggunaan bahan kimia keras, seperti alkohol atau semir sepatu kulit, yang tidak ditujukan untuk sofa kulit karena bisa merusaknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com