Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tren Sofa yang Harus Dihindari pada 2023, Beludru hingga Sofa Murah

Kompas.com - 01/01/2023, 15:10 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih sofa adalah salah satu keputusan desain penting yang akan Anda hadapi saat menata rumah. Sofa adalah bagian investasi yang penting, dan ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli sofa.

Ketika memilih sofa, Anda perlu mempertimbangkan kenyamanan, daya tahan, bahan, ukuran, warna, dan sebagainya. Meskipun penting memperhatikan tren sofa harus mencerminkan gaya Anda dan berintegrasi sempurna dengan dekorasi dan ukuran ruangan.

Akan tetapi, ada beberapa tren sofa yang harus dihindari pada tahun 2023 ini, menurut sejumlah desainer interior. Dikutip dari Homes & Gardens, Minggu (1/1/2023), berikut di antaranya.

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memakai Sofa Berwarna Cerah

Ilustrasi sofa biruFREEPIK.COM/ALEXANDERCHO Ilustrasi sofa biru

1. Sofa beludru

Beludru pernah menjadi pilihan yang sangat populer untuk ide dekorasi sofa ruang tamu, menambahkan kesan mewah yang mencolok ke ruangan.

Namun, tampaknya sepanjang tahun 2022, bahan beludru sedikit menurun popularitasnya. Ini sejalan dengan pemilik rumah lebih memilih kain yang lebih praktis, berperforma tinggi, dan berkelanjutan seperti katun dan linen.

Tentu saja, beberapa orang akan berpendapat bahwa sofa beludru benar-benar tidak lekang zaman, dan dapat menciptakan suasana kemewahan di sebuah ruangan.

Joanna Ross, general manager desain di Sheridan mengungkapkan, pada tahun 2023, kita merayakan keindahan kontras. Di rumah, ini berarti merasa nyaman bereksperimen dengan mengkoordinasikan elemen dengan cara yang tidak terduga.

Baca juga: Mengapa Sofa Tidak Boleh Disandarkan ke Dinding?

2. Sofa rotan

Rotan memang indah, dan bagi banyak orang, rotan merupakan tren yang tak lekang oleh waktu dan abadi. Sofa adalah bahan berkelanjutan yang dapat ditenun dengan indah untuk menciptakan tampilan taktil, bertekstur, dan bohemian, kaya dengan daya tarik organik dan alami.

Rotan digunakan di seluruh desain furnitur ruang tamu, mulai dari sofa hingga meja, lemari, dan aksesori dekoratif.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com