Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Meletakkan Sofa di Ruang Tamu agar Lebih Fungsional

Kompas.com - 23/11/2022, 18:55 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Sofa adalah furnitur atau benda terbesar di ruang tamu mana pun. Karena itu, menempatkan sofa perlu dilakukan secara hati-hati agar fungsional dan terlihat menarik. 

Sofa harus menghadap titik fokus, tetapi jika tidak ada titik fokus alami, apa yang harus dilakukan?

Dilansir dari The Spruce, Rabu (23/11/2022), berikut beberapa tips meletakkan sofa di ruang tamu. 

Baca juga: Kenali, 5 Tanda Sofa Harus Segera Diganti 

Pertimbangkan keseimbangan

Ilustrasi sofa biruFREEPIK.COM/ALEXANDERCHO Ilustrasi sofa biru
Setiap kali mengatur furnitur, Anda harus memikirkan keseimbangan. Ketika terlalu banyak benda terlihat berat secara visual di satu sisi ruangan, dapat membuat ruang terlihat tidak seimbang.

Karena cenderung berukuran besar, sofa mengambil cukup banyak ruang visual dan  membutuhkan sesuatu dengan bobot sama di seberangnya untuk menyeimbangkan ruangan.

Inilah mengapa sering melihat dua kursi diletakkan tepat di seberang sofa dan bersama kursi guna menyeimbangkan berat sofa. 

Baca juga: Mau Beli Sofa Secara Online? Ini Hal yang Harus Diperhatikan 

Pertimbangkan pola lalu lintas 

Meletakkan sofa berukuran besar dapat berdampak besar pada arus lalu lintas di dalam ruangan. Orang seharusnya tidak kesulitan melangkahi barang saat melewati ruangan serta tidak boleh risiko tersandung.

Penting memastikan bahwa ada jarak antara meja kopi dan sofa serta sofa dan kursi. Buat jalur yang jelas agar orang bisa berjalan dari satu ujung ruangan ke ujung lainnya tanpa kesulitan. 

Ruang bernapas

Ada kecenderungan umum untuk mendorong sofa ke dinding. Di beberapa ruangan hal ini diperlukan karena batasan ukuran.

Namun, sebagian besar kasus, jika ada ruang untuk menarik sofa menjauh dari dinding, ini dapat dilakukan guna memiliki ruang bernapas. Nah, berikut beberapa penempatan ideal sofa untuk di ruang tamu; 

Baca juga: Catat, Ini 6 Tanda Saatnya Mengganti Sofa Baru 

  • Di depan jendela 

Ilustrasi sofaShutterstock/Antoha713 Ilustrasi sofa
Meski tidak ingin memblokir jendela, sofa yang diletakkan di depan jendela dapat terlihat bagus selama bagian belakang sofa relatif rendah.

Pastikan meninggalkan celah sekitar 25-30 sentimeter untuk memberikan ruang bernapas serta memudahkan membersihkan jendela. 

  • Di seberang jendela 

Jika memiliki jendela besar yang bagus di bagian depan atau belakang ruangan, coba letakkan sofa di seberangnya untuk memanfaatkan pemandangan indah serta elemen arsitektur alami. 

Baca juga: 6 Hal yang Menyebabkan Sofa Cepat Rusak, Jangan Dilakukan 

  • Di seberang sofa lain 

Karena keseimbangan visual sangat penting, tidak ada tempat yang lebih baik untuk meletakkan sofa selain menghadap ke sofa lain yang serasi.

Di ruangan kecil, biasanya hal ini tidak memungkinkan. Namun, di ruangan yang lebih besar, tata letak ini patut dipertimbangkan. 

  • Di tengah ruangan 

Di ruang besar, sofa atau kursi malas sangat cocok untuk memecah ruangan dan menciptakan area percakapan. 

Baca juga: Bolehkah Meletakkan Sofa di Depan Jendela? Ini Penjelasannya 

Tentang sofa sectional

Sofa sectional terkadang bisa rumit dan sangat menggoda untuk menempatkan di sudut karena bentuk yang dimiliki.

Namun, sebenarnya ini dapat terlihat indah saat ditarik dari dinding. Karena menyediakan banyak tempat duduk, sofa sectional tidak perlu disandingkan dengan furnitur lainnya.

Jadi, beri sofa ruang bernapas dan ruang di belakang untuk berjalan. Dalam beberapa kasus, sofa sectional juga dapat berfungsi sebagai pembatas ruangan dengan satu sisi menyediakan jeda visual antarruang. Jadi, jangan terkecoh dengan bentuknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com