Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siberian Husky Dapat Berbicara dan Mengerti Ucapannya, Betulkah?

Kompas.com - 23/11/2022, 14:50 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber akc.org

JAKARTA, KOMPAS.com - Siberian husky merupakan salah satu ras anjing cerdas dan populer di dunia. Anjing asal Siberia, Rusia, ini dapat mengikuti semua latihan dan perintah yang diberikan dengan baik.

Bahkan, saking cerdasnya, beberapa orang menyebut anjing Siberian husky bisa "berbicara". Anda dapat menemukannya di YouTube atau TikTok dengan kata kunci "Huskies talking". Setidaknya, ada ratusan, bahkan ribuan, untuk hasil pencarian tersebut. 

Siberian husky dikenal memiliki vokalisasi yang sangat komunikatif, dari merengek, menjerit, mengonggong, melolong atau meraung, memekik, dan berbagai macam suara yang dapat dianggap sebagai "berbicara". 

Baca juga: Kerap Dikira Sama, Ini Perbedaan Siberian Husky dan Serigala

Bagaimana Siberian husky berkomunikasi?

Ilustrasi anjing Siberian husky. Shutterstock/Sbolotova Ilustrasi anjing Siberian husky.
Siberian husky bersuara untuk berkomunikasi dengan kawanan mereka, baik itu anjing Husky lain maupun kawanan manusianya.

Dikembangkan sebagai anjing kereta luncur dan digunakan untuk bekerja dengan sekelompok besar anjing, Siberian Husky menggunakan komunikasi vokal sebagai alat untuk bertahan hidup.

Siberian husky bisa menggunakan serta membedakan pola nada yang berbeda untuk berkomunikasi dan suara ini terbawa jarak jauh. 

Baca juga: Mengenal Anjing Siberian Husky, dari Sejarah, Tampilan, hingga Naluri 

Seekor Siberian husky akan memanggil kawanannya jika tersesat atau merasakan bahaya. Bahkan ras anjing ini dapat menangis bila dirinya atau kawanan lainnya terluka serta dalam masalah.

Nada vokalisasi yang berbeda memiliki makna berbeda. Siapa pun yang memiliki lebih dari satu anjing Siberian husky tahu bahwa mereka tampaknya sering melakukan percakapan yang sebenarnya. 

Selain itu, anjing memiliki indera pendengaran yang jauh lebih tajam daripada manusia dan dapat menangkap frekuensi tiga kali lebih tinggi daripada manusia. 

Anjing juga dapat mendengar suara sejauh setengah mil, bahkan lebih jauh, jadi suara adalah cara paling efisien bagi sahabat bulu untuk berkomunikasi. 

Baca juga: 4 Alasan Siberian Husky Tidak Cocok Dipelihara Pemula

Bereaksi terhadap suara eksternal

Ilustrasi anjing Siberian husky. PIXABAY/dendoktoor Ilustrasi anjing Siberian husky.
Dilansir dari AKC, Rabu (23/11/2022), anjing Siberian husky dapat mengikuti berbagai jenis suara, dari sirene, tangisan bayi, suara frekuensi tinggi dari televisi, sampai "bernyanyi" mengikuti musik. 

Bahkan komposer dan pianis Kirk Nurock menggubah beberapa lagu, termasuk Expedition,  yang diaransemen untuk trio jazz dan Siberian husky.

Karyanya, Sonata for Piano and Dog juga dibawakan di Carnegie Hall dan David Letterman Show. Namun, ada beberapa Siberian husky tidak membutuhkan iringan musik untuk bernyanyi.

Siberian husky juga bisa melolong jika dibiarkan sendiri. Mereka memiliki sejarah panjang hidup dengan kawanan dan menjadi sangat terikat dengan keluarga manusianya. 

Tak heran, ketika ditinggal sendirian, lolongan anjing akan berubah menjadi kecemasan atau terus menggonggong untuk memanggil pemiliknya. 

Baca juga: 7 Ras Anjing yang Penampilannya Mirip Siberian Husky 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com