Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Penting Omega-3 untuk Anjing Peliharaan?

Kompas.com - 23/11/2022, 14:15 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Petkeen

JAKARTA, KOMPAS.com - Omega-3 adalah asam lemak esensial atau lemak tak jenuh yang tergolong sebagai lemak menyehatkan. 

Omega-3 tidak hanya dibutuhkan manusia untuk menjaga sistem imunitas tubuh dan meningkatkan kognitifnya, tapi juga anjing peliharaan

Baca juga: 5 Sumber Omega-3 untuk Anjing Peliharaan

Kandungan omega-3 dapat diperoleh dari makanan laut, seperti ikan kembung, salmon, dan sarden kalengan, serta biji-bijian. Pemilik anjing bisa memberikan omega-3 ini melalui nutrisi dan makanan anjing sehari-hari. 

Memberikan nutrisi yang mengandung omega-3 sangat penting bagi anjing peliharaan, terutama jika makanan anjing saat ini jumlahnya tidak mencukupi. 

Mengapa omega-3 penting untuk anjing?

Ilustrasi anjing makan, memberi makan anjing dengan daging mentah. FREEPIK/DORYANAM Ilustrasi anjing makan, memberi makan anjing dengan daging mentah.
Dikutip dari PetKeen, Rabu (23/11/2022), asam lemak esensial seperti omega-3 memainkan peran penting dalam makanan anjing.

Omega-3 terlibat dalam perkembangan otak dan mata serta kesehatan kekebalan, kulit, dan bulu anjing. 

Baca juga: 4 Cara Memilih Ras Anjing Terbaik untuk Dipelihara di Rumah

Meski omega-6 berkaitan erat dengan omega-3, fungsinya berbeda dan cenderung lebih berlimpah. Ada banyak resep makanan anjing yang mencakup omega-6, tapi beberapa mungkin kekurangan omega-3.

Omega-3 tidak dapat diproduksi tubuh anjing, jadi perlu mendapatkannya dari makanannya. 

Namun, sebelum memulai suplemen atau diet baru untuk omega-3, konsultasikan terlebih dulu dengan dokter hewan guna memastikan kebutuhan anjing peliharaan terpenuhi.

Berapa banyak omega-3 yang dibutuhkan anjing? 

Jumlah omega-3 yang dibutuhkan anjing tergantung pada berat badan dan kesehatannya saat ini. Anjing membutuhkan setidaknya 50mg DHA/EPA omega-3 per kilogram.

Beberapa anjing mendapat manfaat omega-3 dari dosis yang lebih tinggi, tapi ada pula yang membutuhkan jumlah lebih sedikit. 

Baca juga: Kenali, Ini Tanda-tanda Anjing Mulai Menua

Untuk dosis yang tepat, sebaiknya berdiskusi dengan dokter hewan untuk memastikan sahabat bulu mendapatkannya cukup, terutama jika makanan anjing tidak memiliki banyak sumber lemak sehat.

Meski sangat penting untuk kesehatan anjing peliharaan, berhati-hatilah dengan sumber omega-3 yang dipilih. Terlalu banyak lemak dalam makanan anjing dapat menyebabkan masalah kesehatan serta berpotensi menyebabkan kerusakan hati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Petkeen
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com