Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Memilih Ras Anjing Terbaik untuk Dipelihara di Rumah

Kompas.com - 21/11/2022, 14:14 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber akc.org

JAKARTA, KOMPAS.com - Menghadirkan atau melihara anak anjing di rumah menjadi keputusan menarik yang dapat membawa kebahagiaan. 

Kehadiran anjing di rumah juga dapat mengusir rasa bosan dan stres serta menjaga rumah dari hal-hal buruk seperti pencurian. 

Baca juga: Jangan Asal, Ini Aturan Memandikan Anjing Peliharaan

Namun, ketika tiba memilih ras anjing mana yang diinginkan, ini bisa menjadi hal rumit. Pasalnya, ada banyak ras anjing di dunia, di antaranya ras anjing kecil, anjing besar, anjing pekerja, anjing pemburu, hingga anjing pelari. 

Tentu saja, semua ras anjing ini memiliki kepribadian berbeda serta kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Setidaknya, ada 200 ras anjing yang diakui oleh American Kennel Club (AKC), Badan Pengasuhan Anjing Amerika Serikat. Karena itu, Anda perlu melakukan penelitian untuk mendapat ras anjing terbaik. 

Nah, untuk memudahkan pilihan dan mendapat ras terbaik, berikut cara memilih ras anjing terbaik untuk dipelihara dikutip dari AKC, Senin (21/11/2022). 

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Trauma pada Anjing yang Alami Kekerasan FIsik 

Pertimbangkan gaya hidup Anda

Ilustrasi anjing Golden retriever.Shutterstock/Lunja Ilustrasi anjing Golden retriever.
Menentukan ras anjing yang tepat dapat melihat pada kepribadian dan gaya hidup yang Anda miliki.

Misalnya, bila Anda orang yang aktif dan memiliki banyak waktu di rumah, Anda bisa mempertimbangkan ras anjing yang lincah serta membutuhkan banyak latihan dan perhatian dari pemilik seperti Golden retriver, Border collie, Doberman, dan Rottweiler. 

Sebaliknya, untuk mereka yang santai dan terbilang sibuk, pilih ras anjing kecil atau pangkuan serta tidak membutuhkan banyak latihan seperti Shih tzu, PudelBulldog, Lhasa apso, juga Papillon. 

Baca juga: Seberapa Cerdas Anjing Labrador Retriever? Ini Penjelasannya  

Pertimbangkan ukuran anjing 

Selanjutnya, mempertimbangkan ukuran anjing yang diinginkan. Apakah lebih menyukai anjing besar atau anjing kecil?

Ukuran rumah juga dapat menentukan ukuran anjing yang dipilih. Bila tinggal di rumah kecil atau apartemen, sebaiknya memilih ras anjing kecil.

Namun, ada beberapa penghuni apartemen yang memelihara ras anjing besar. Terpenting adalah selama kebutuhan latihan anjing terpenuhi, seperti jalan-jalan, olahraga, dan sesi aktivitas, penghuni dapat dengan mudah berbagi rumah dengan anjing besar.

Baca juga: Jangan Memberikan Anjing Tulang yang Dimasak, Ini Bahayanya 

Pelajari tentang ras anjing yang dipilih 

Ilustrasi anjing Lhasa apso.Shutterstock/robertos0621 Ilustrasi anjing Lhasa apso.
Setelah menentukan ras anjing yang dicari, saatnya mempelajari semua tentang ras tersebut, dari kepribadian atau temperamen, kebutuhan perawatan, latihan yang diperlukan, nutrisi yang dibutuhkan, hingga kesehatannya. 

Dengan demikian, Anda dapat membuat keputusan terbaik serta tak khawatir saat menghadapi masalah saat mulai memeliharanya. 

Baca juga: Anjing Besar Lebih Cepat Menua daripada Anjing Kecil, Betulkah?

Temukan peternak yang tepat

Terakhir, cara memilih ras anjing terbaik untuk dipelihara adalah menemukan peternak yang menjual anak anjing untuk dipelihara. 

Pilih peternak tepercaya serta bertanggung jawab. Memilih anjing dari peternak bertanggung jawab memiliki asal usul yang jelas seperti usia dan kesehatannya, terlebih bila mengadopsi anjing yang sudah besar. 

Tanyakan pula pada peternak tentang sosialisasi, pelatihan, serta kebutuhan olahraga yang dibutuhkan anjing. 

Selain itu, Anda harus mengunjungi anak anjing sebelum siap membawanya pulang ke rumah pada usia delapan hingga 12 minggu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com