Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Alasan Mengapa Menginjak Kecoak Tidak Boleh Dilakukan

Kompas.com - 21/11/2022, 12:30 WIB
Abdul Haris Maulana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menginjak kecoak tampak menjadi cara yang efektif bagi seseorang untuk langsung membasminya.

Namun, membasmi kecoak dengan cara diinjak atau memukul tubuhnya hingga hancur adalah hal buruk yang tidak disarankan untuk dilakukan.

Sebab, kecoak membawa cacing parasit, menyebarkan berbagai jenis bakteri, dan menularkan salmonella sehingga menginjak tubuhnya bukan pilihan yang baik untuk membasminya.

Baca juga: Catat, Ini 6 Cara Mencegah Kecoak Muncul di Rumah

Dilansir dari Pest Clinic, Senin (21/11/2022), berikut ini tiga alasan mengapa menginjak kecoa bukanlah cara yang baik untuk membunuh serangga satu ini.

cara mengusir kecoak dari rumah dapat menggunakan bahan-bahan berupa pasta gigi, sabun cuci piring, dan jeruk nipis atau lemon.Shutterstock/PitukTV cara mengusir kecoak dari rumah dapat menggunakan bahan-bahan berupa pasta gigi, sabun cuci piring, dan jeruk nipis atau lemon.
Cairan usus kecoak yang dihancurkan dapat menyebarkan bakteri

Kecoak dikenal menyebarkan daftar bakteri, jamur, fungi atau cendawan, dan virus yang signifikan dari satu tempat ke tempat lain.

Selain itu, beberapa kecoak mungkin membawa parasit penyebab giardiasis (gangguan pencernaan akibat infeksi parasit pada usus halus), amuba penyebab disentri (peradangan dan infeksi pada usus), dan virus penyebab polio.

Menurut beberapa penelitian, kecoak memiliki peran sekunder yang kuat dalam menularkan penyakit karena mereka memindahkan atau mengeluarkan patogen dan memakan kotoran manusia.

Penelitian serupa menunjukkan bahwa kecoak dapat membawa bakteri di ususnya selama beberapa bulan, bahkan bertahun-tahun.

Baca juga: Ragam Hal yang Dapat Membuat Kecoak Muncul di Kamar Mandi

Organisme ini kemudian dibuang saat kecoak meninggalkan kotorannya di area sekitar rumahmu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com