Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/11/2022, 17:35 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.comKutu busuk atau kutu kasur (Cimex lectularius) adalah serangga yang dapat meninggalkan ruam merah, bentol berukuran cukup besar, dan rasa gatal ketika menggigit kulit manusia.

Kutu busuk berukuran kecil dan cukup sulit dilihat dengan mata telanjang, kecuali menggunakan kaca pembesar. Kehadiran serangga pengisap darah manusia ini tak hanya mengganggu, tapi juga membahayakan manusia dan hewan peliharaan. 

Baca juga: Asal Usul Kutu Busuk dan Area Persembunyiaannya di Rumah

Kutu busuk memiliki beragam cara memasuki rumah Anda, salah satunya melalui barang bawaan. Tempat persembunyiannya pun cukup beragam, termasuk sofa. Kutu busuk bisa bersarang dan hidup di sofa bila tidak segera membasminya.  

Tanda-tanda kehadiran kutu busuk di sofa

Ilustrasi rusng tamu warna beige dengan sofa modular. SHUTTERSTOCK/FOLLOWTHEFLOW Ilustrasi rusng tamu warna beige dengan sofa modular.

Dilansir dari The Spruce, Minggu (20/11/2022), ada beberapa tanda kehadiran kutu busuk di sofa seperti timbul rasa gatal dan ruam merah setelah duduk atay tidur di sofa.  

Selain itu, adanya bercak darah pada pakaian atau kain sofa. Sebagai informasi, kutu busuk dewasa berbentuk oval, rata, dan berwarna merah kecoklatan. Namun, tubuhnya akan menggemuk ketika baru mengisap darah manusia.

Baca juga: Hindari, Warna Seprai Ini Bisa Menarik Kutu Busuk ke Tempat Tidur

Sementara telur kutu busuk, berwarna putih susu dan berukuran lebih kecil daripada butiran beras. Kamu akan menemukannya di tepian dan celah gelap.

Hal lain yang perlu diperiksa adalah kulit kutu busuk. Serangga ini melepaskan kulit atau kerangka luarnya setidaknya lima kali selama berkembang biak menjadi dewasa.

Kulit yang dilepaskan hampir terlihat seperti kutu busuk yang masih hidup. Hanya saja, tampilannya  lebih transparan dan tidak bergerak. Untuk kotoran kutu busuk, bentuknya seperti bintik hitam. 

Untuk memeriksa kehadirannya sekaligus membasminya, ada beberapa persiapan dan langkah-langkah yang perlu dilakukan sebagai berikut.

Baca juga: Bahaya Kutu Busuk Bagi Manusia dan Hewan Peliharaan

Cara menghilangkan kutu busuk di sofa

Ilustrasi sofa putih.SHUTTERSTOCK / Ilija Erceg Ilustrasi sofa putih.

Peralatan yang perlu disiapkan

  • Senter.
  • Sarun tangan karet.
  • Kartu kredit tidak terpakai atau material plastik yang kokoh.
  • Selotip dua sisi.
  • Kaca pembesar.

Rekatkan selotip ke kartu kredit

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah merekatkan selotip dua sisi ke kartu kredit atau material plastik yang kokoh utuk membantu Anda menjangkau ruang-ruang sempit seperti area jahitan guna menangkap tanda-tanda kehadiran kutu busuk.

Baca juga: Cara Membasmi Kutu Busuk di Kasur Dengan Efektif 

Lepaskan sarung sofa

Jika sofa dilapisi sarung, lepaskan dan periksa kehadiran kutu busuk. Jika melihatnya, masukkan sarung ke kantong plastik untuk mencegah kutu busuk menyebar ke furnitur lainnya.

Setelah itu, periksa setiap alas dudukan dan bantal sofa. Cek setiap area jahitan, tepian, dan ritsleting dengan kartu kredit dan senter. Masukkan barang-barang yang memiliki tanda aktivitas kutu busuk ke kantong plastij. 

Periksa tepian sofa

Ilustrasi sofa, bantal sofa. PEXELS/RACHEL CLAIRE Ilustrasi sofa, bantal sofa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com