Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/11/2022, 15:38 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada kalanya anjing peliharaan lebih baik dimandikan sendiri alih-alih membawanya ke jasa grooming, terlebih bila sedang menghemat bujet.

Ada beragam alat dan bahan yang perlu disiapkan untuk memandikan anjing peliharaan, dari sampo, tempat untuk memandikannya, handuk, pengering bulu, hingga gayung. 

Baca juga: 8 Ras Anjing dari Spanyol, Kuat dan Pintar Berburu

Untuk sampo, ada berbagai sampo anjing dijual dalam berbaga macam varian, aroma, serta kegunaan seperti mengatasi jamur dan kutu.

Namun, sampo anjing ini memiliki harga cukup mahal, bahkan lebih besar dari sampo manusia. Tak jarang, beberapa pemilik anjing menggantinya dengan sampo manusia.

Namun, apakah aman memandikan anjing dengan sampo manusia

Dilansir dari American Kennel Club, Minggu (20/11/2022), kulit anjing dan manusia memiliki tingkat keseimbangan pH yang sangat berbeda.

Kulit memiliki lapisan tipis bernama mantel asam yang melindungi lapisan paling atas kulit, yakni stratum korneum, dari kontaminan seperti virus dan bakteri.

Baca juga: Jangan Memberikan Anjing Tulang yang Dimasak, Ini Bahayanya

Ilustrasi memandikan anjing. FREEPIK/PROSTOOLEH Ilustrasi memandikan anjing.

Mantel asam juga menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan menyerap air dan mengurangi penguapan.

Ketika mandi, mantel asam dapat terlepas. Untuk mengatasinya, sebagian besar sabun dan sampo memiliki bahan yang bisa melembapkan dan melindungi kulit hingga mantel asam memperbarui dirinya sendiri. 

Supaya mantel asam melakukan tugasnya, keseimbangan keasaman dan alkalinitas yang tepat sangatlah penting. Inilah yang disebut keseimbangan pH. 

Baca juga: Jangan Asal, Ini Aturan Memandikan Anjing Peliharaan

Tingkat keseimbangan pH kulit

Manusia memiliki tingkat keseimbangan pH normal 5,5-5,6 yang berada di sisi asam. Sementara itu, tingkat keseimbangan pH normal kulit anjing adalah 6,2-7,4 atau lebih netral.

Artinya, menggunakan sampo manusia pada anjing dapat mengganggu mantel asam sehingga membuatnya rentan terhadap parasit, virus, dan bakteri.

Pemakaian sampo manusia juga dapat membuat kulit anjing terasa kering dan terkelupas, yang berujung pada goresan serta lecet berulang kali. Hal ini pada akhirnya dapat membuat bakteri lebih mudah menyerangnya.

Baca juga: Bisakah Anjing Membedakan Dirinya dengan Kucing? 

Kulit anjing lebih sensitif daripada manusia

Ternyata, kulit anjing lebih sensitif daripada kulit manusia. Manusia memiliki 10-15 lapisan sel kulit, sementara anjing hanya memiliki tiga hingga lima saja.

Jadi, sampo dengan keseimbangan pH yang salah atau mengandung bahan kimia keras bisa mengiritasi kulit anjing serta melepaskan minyak pelindung dari bulu dan kulitnya.

Meski begitu, saat ini, ada sampo manusia yang terbuat dari bahan-bahan alami dan ringan. Sampo ini bisa digunakan sebagai alternatif dalam keadaan mendesak.

Akan tetapi, sebelum menggunakannya, sebaiknya tetap berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter hewan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com