Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Bersihkan Permukaan Stainless Steel dengan Pemutih, Kenapa?

Kompas.com - 20/11/2022, 12:26 WIB
Abdul Haris Maulana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan permukaan berbahan stainless steel (baja tahan karat) dengan pemutih mungkin menjadi cara pembersihan yang kamu inginkan.

Namun, pastikan untuk tidak pernah menyemprotkan maupun mengoleskan pemutih ke permukaan segala peralatan berbahan stainless steel.

Sebab, tidak semua permukaan dapat menangani kekuatan bahan kimia yang ada di dalam pemutih, ini termasuk baja tahan karat.

Baca juga: Cara Membersihkan Panci Stainless Steel agar Kembali Mengilap

Dilansir dari The List, Minggu (20/11/2022), pada artikel ini akan dibahas mengenai dampak buruk penggunaan pemutih untuk membersihkan permukaan stainless steel.

Ilustrasi wastafel dapur stainless steel.Shutterstock/Pop Paul-Catalin Ilustrasi wastafel dapur stainless steel.
Pemutih merusak baja tahan karat

Karena sangat kuat dan efektif, pemutih mungkin tampak seperti solusi mudah untuk menghilangkan sidik jari di gagang pintu kulkas atau mesin pencuci piring stainless steel.

Tapi, jangan membuat kesalahan pembersihan ini agar nantinya kamu tidak menyesal.

Stainless steel dan pemutih bukanlah kombinasi yang baik. Ini karena pemutih bersifat korosif terhadap logam, artinya dapat menggerogoti permukaan dan menyebabkan kerusakan permanen.

Kedengarannya sangat kontraproduktif, bukan? Ini juga berlaku untuk logam lain, seperti tembaga, perak, dan krom.

Baca juga: 4 Tips Mencegah Wastafel Stainless Steel Berkarat

Pemutih aman untuk ubin dan permukaan serupa. Tapi, ingatlah untuk tidak pernah mencampur pemutih dengan larutan pembersih lainnya atau kamu akan mengalami reaksi kimia yang berbahaya.

Daripada mempertaruhkan kerusakan dengan mencoba membersihkan peralatan baja tahan karatmu menggunakan pemutih, inilah cara terbaik untuk mengatasi tugas tersebut.

Cara membersihkan peralatan stainless steel

Setelah mengetahui larangan menyemprot permukaan stainlees steel dengan pemutih, kamu mungkin bertanya tentang cara membersihkannya.

Tapi, ada beberapa langkah untuk mencapai pembersihan yang efektif. Permukaan stainless steel halus sehingga disarankan untuk menggunakan bahan pembersih non-abrasif.

Wol baja dan sikat terlalu keras dan dapat menggores peralatan stainless steel. Goresan pada stainless steel juga tidak mudah dihilangkan.

Baca juga: Simak, Ini Cara Membersihkan Kompor Stainless Steel

Sebagai gantinya, pilihlah kain lap atau kain mikrofiber yang dapat digunakan kembali.

Untuk bahan pembersihnya, ada beberapa ramuan DIY (swakarya) untuk membersihkan permukaan stainless steel.

Menurut Good Housekeeping, kombinasi sederhana sabun cuci piring dan air menjadi solusi pembersihan yang efektif.

Hanya satu sendok teh sabun anti minyak yang dicampur dengan satu liter air hangat dapat membuat peralatan baja tahan karat milikmu bersinar seperti baru lagi.

Tapi, berhati-hatilah karena beberapa jenis air keran mungkin terlalu keras untuk membersihkan baja tahan karat sehingga meninggalkan bekas air.

Baca juga: Stop Mencampur Pemutih dengan 3 Bahan Ini Saat Membersihkan Rumah

Alternatif yang baik adalah menggunakan air yang disaring atau disuling. Terakhir, sisa sidik jari dapat dihilangkan dengan minyak mineral.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com