Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asal Usul Kutu Busuk dan Area Persembunyiaannya di Rumah

Kompas.com - 25/09/2022, 11:18 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Terminix

JAKARTA, KOMPAS.comKutu busuk atau kutu kasur (Cimex lectularius) adalah serangga berukuran sangat kecil dan cukup sulit dilihat dengan kasat mata. 

Kutu busuk terlihat seperti butiran biji kecil berwarna hitam kecoklatan jika dilihat dengan kaca pembesar. Kutu busuk dapat menyebabkan bentol kemerahan berukuran cukup besar serta menimbulkan rasa gatal dan nyeri.

Baca juga: Bahaya Kutu Busuk Bagi Manusia dan Hewan Peliharaan

Kutu busuk biasanya akan ditemukan saat bangun tidur karena terkenal hidup di tempat tidur dan mengisap darah manusia yang tidur.

Akan tetapi, benarkah kutu busuk hanya hidup di tempat tidur? Apakah tidak bisa hidup di tempat lain?

Asal-usul kutu busuk

Salah satu hal yang perlu dihindari ketika menginap di hotel adalah langsung beristirahat, tanpa mengecek potensi adanya kutu busuk.SHUTTERSTOCK/JAREYNOLDS Salah satu hal yang perlu dihindari ketika menginap di hotel adalah langsung beristirahat, tanpa mengecek potensi adanya kutu busuk.

Dilansir dari situs resmi University of Kentucky College of Agriculture, Food and Environment, Amerika Serikat, Minggu (25/9/2022), kutu busuk sudah ada sejak dulu kala.

Bahkan, kutu busuk disebutkan dalam beragam teks asal Eropa abad petengahan, serta tulisan-tulisan Yunani klasik dari zaman Aristoteles.

Kutu busuk membutuhkan darah untuk bertahan hidup dan berkembang biak. Di alam liar, kutu busuk mendapatkan makanannya dari hewan.

Baca juga: Pulang Berlibur? Lakukan 5 Hal Ini untuk Mencegah Kutu Busuk di Rumah

Dikutip dari Terminix, kutu busuk juga bisa hidup di dalam gua-dua dengan populasi kelelawar yang sehat.

Namun, jenis Cimex lectularius lebih menyukai darah manusia meski bisa menggigit hewan berdarah hangat, termasuk anjing, kucing, burung, dan tikus.

Apabila tidak ada rumah yang bisa dimasuki, kutu busu akan tinggal di area dengan tingkat aktivitas manusia tinggi seperti perkemahan, furnitur yang ditinggalkan di sudut jalan, bahkan taksi, bus, kereta api, dan pesawat.

Baca juga: Lakukan 4 Hal Ini agar Kutu Kasur Tak Bersarang di Tempat Tidur 

Bagaimana kutu busuk memasuki rumah manusia?

Ilustrasi kutu busuk.SHUTTERSTOCK Ilustrasi kutu busuk.

Kutu busuk bisa muncul di dalam rumah entah dari mana. Sebab, kutu busuk bisa berpindah dengan mudah melalui barang bawaan atau pakaian manusia yang baru tiba dari tempat yang terserang kutu busuk.

Kutu busuk bisa hidup di hampir semua celah atau lokasi yang dilindungi. Tempat paling umum untuk menemukannya adalah di tempat tidur atau area yang digunakan manusia untuk istirahat atau tidur.

Hal ini terutama terjadi selama tahap awal serangan kutu busuk. Ketika jumlahnya bertambah besar, kutu busuk biasanya bergerak ke luar tempat tidur menuju lokasi lain sehingga membuatnya sulit dikontrol. 

Baca juga: 6 Tips Alami Atasi Kutu Busuk di Kasur

Halaman:
Sumber Terminix
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com