Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari, Warna Seprai Ini Bisa Menarik Kutu Busuk ke Tempat Tidur

Kompas.com - 14/10/2022, 17:25 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Best Life

JAKARTA, KOMPAS.com – Memiliki serangga di tempat tidur menjadi hal yang mengganggu, terutama berukuran kecil, karena sulit dilihat dan menimbulkan masalah. 

Kehadiran serangga di tempat tidur menjadi tanda bahwa kasur dalam keadaan kotor, entah karena berdebu, terkena remah makanan, hingga terdapat serpihan kotoran. 

Namun, dikutip Best Life Online, Jumat (14/10/2022), ternyata ada hal lain yang dapat mengundang serangga ke tempat tidur, yakni warna seprai yang digunakan.

Baca juga: 4 Cara Mencerahkan Seprai Putih yang Kusam Tanpa Pemutih

Warna seprai yang menarik perhatian kutu busuk

Ilustrasi kamar tidur dengan cat dinding hitam.Shutterstock/ImageFlow Ilustrasi kamar tidur dengan cat dinding hitam.

Jika ingin membuat tempat tidur kurang menarik bagi serangga, khususnya kutu busuk, hindari menggunakan seprai berwarna merah atau hitam.

Sebuah studi yang dipublikasi dalam Journal of Medical Entomology pada 2016 menemukan sesuatu terkait sekelompok kutu busuk jenis Harlan yang dibesarkan di Urban Entomology Laboratory di University of Florida, Amerika Serikat. 

Penelitian mengungkapkan, di antara sekelompok kutu busuk jenis Harlan, 28,5 persen lebih menyukai tempat bersarang dan bertelur berwarna hitam. Sedangkan 23,4 persen lainnya lebih menyukai tempat berwarna merah.

Para peneliti menemukan bahwa 37,5 persen kutu busuk jantan yang diteliti lebih menyukai tempat berwarna merah dan 32 persen lebih menyukai warna hitam.

Baca juga: Amankah Langsung Memakai Seprai Baru yang Belum Dicuci?

Warna seprai yang kurang disukai kutu busuk

Ilustrasi kamar tidur warna oranye yang memberikan nuansa hangat.SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi kamar tidur warna oranye yang memberikan nuansa hangat.

Masih dalam studi yang sama, para peneliti juga mengungkapkan bahwa ada beberapa warna seprai yang dihindari atau tidak disukai kutu busuk.

Sekitar 2,8 persen memilih tempat berwarna hijau dan 6,8 persen memilih tempat berwarna ungu. Ada kemungkinan berarti penggunaan aksesori tertentu berpotensi mencegah kutu busuk bersembunyi.

Baca juga: 5 Kesalahan dalam Mencuci Seprai yang Harus Dihindari

Ahli Entomologi Bersertifikat di Ehrlich Pest Control, Nancy Troyano, mengatakan penelitian tambahan diperlukan untuk memperkuat hasil studi tersbeut.

“Namun, mungkin masuk akal berhipotesis bahwa setelah diberi makan dan mencari perlindungan, kutu busuk akan lebih mungkin mencari perlindungan di area yang lebih gelap daripada berwarna kuning atau hijau jika semua kondisi yang ada dalam keadaan sama,” terangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com