Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Warna Cat yang Sebaiknya Tidak Digunakan di Rumah, Apa Saja?

Kompas.com - 14/10/2022, 14:30 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Best Life

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat mengecat rumah, baik itu eksterior maupun interior, orang-orang lebih memilih menggunakan warna kesukaan atau favorit.

Sebab, memiliki rumah yang tampilannya sesuai dengan selera penghuninya dapat membuat lebih nyaman ditinggali. 

Ada banyak warna cat yang bisa digunakan di rumah. Namun, dilansir Best Life Online, Jumat (14/10/2022), ada beberapa warna cat yang sebaiknya tidak digunakan di rumah seperti berikut.

Baca juga: 7 Warna Cat yang Cocok untuk Ruangan Gelap Selain Putih

Merah

Ilustrasi kamar tidur dengan nuansa merahSHUTTERSTOCK/archideaphoto Ilustrasi kamar tidur dengan nuansa merah

Pendiri The House Wire, Jeneva Aaron, mengatakan merah sebaiknya dihindari di rumah, terutama kamar tidur, karena membangkitkan reaksi fisik dan emosional yang intens dengan cara tidak baik.

“Otak manusia memiliki respons mendalam terhadap merah karena itu warna darah. Kita mengaitkannya dengan bahaya sehingga membuat darah mengalir dan jantung berdetak lebih cepat,” jelasnya.

Tentu ini bukan perasaan yang diinginkan saat mencoba tertidur pada malam hari. 

Baca juga: 3 Warna Cat Terbaik untuk Kamar Tidur Ramah Anak

Putih 

Berbicara tentang kamar mandi, dinding putih semakin populer karena membuat ruangan tampak baru dan berkilau. Namun, tutur Aaron, tampilan ini tidak akan bertahan selamanya karena noda sangat mudah terlihat pada dinding putih. 

“Ini adalah satu-satunya ruangan yang kami sarankan menggunakan warna berani, mungkin mengecat dinding dengan warna pink coral atau oranye,” ujar agen perumahan Ashley Baskin.

Director of Operations di MyRoofingPal, Courtney Keene, menambahkan putih juga sebaiknya tidak digunakan di ruang kerja.

Baca juga: 5 Warna Cat Terkini untuk Mewarnai Dapur, Apa Saja?

Menurutnya, putih dapat menyebabkan ketegangan pada mata dan perasaan lelah, yang mana keduanya sudah menjadi kekhawatiran bagi orang-orang yang bekerja di depan layar sepanjang hari.

“Putih cerah yang mengelilingimu di setiap dinding dapat berkontribusi pada perasaan cemas, di samping menyebabkan kelelahan mata dari waktu ke waktu,” tambah pakar desain di Modular Closets, Marty Basher. 

Basher tidak menampik bahwa putih adalah warna yang baik untuk membuat ruangan tampak lebih besar, tapi juga dapat membuat ruangan terasa kurang hidup. 

Baca juga: Menurut Psikolog, Ini 3 Warna untuk Tingkatkan Produktivitas Saat WFH

Coklat

Ilustrasi kamar mandi minimalis.Shutterstock/ImageFlow Ilustrasi kamar mandi minimalis.

Ahli desain rumah, Sam Whittaker, mengungkapkan, coklat kurang cocok diterapkan pada eksterior rumah karena memberi kesan membosankan dan kurang hidup.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com