Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Memilih Warna Cat Rumah? Ini Aturannya

Kompas.com - 02/09/2022, 10:29 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Living Etc

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika berbicara tentang desain interior, aturan warna mengajarkan Anda bagaimana untuk tidak menciptakan ledakan warna yang mengarah pada kesan kacau yang tidak serasi antar ruangan. Aturan memandu Anda tentang cara memilih warna cat, menyeimbangkannya, dan memilih warna terbaik untuk ruangan.

Dilansir dari Livingetc, Jumat (2/9/2022), Kristen Peña dari K Interiors mengatakan, kita umumnya melihat warna sebagai variabel lain bersama dengan tekstur, campuran bahan, dan pola yang akan menciptakan keseluruhan nuansa rumah.

Menurut dia, terkadang Anda membutuhkan warna dan terkadang campuran bahan, tekstur, dan pola untuk menciptakan visi yang Anda tuju tanpa menggunakan banyak warna.

Baca juga: 7 Warna Cat Eksterior Rumah yang Tampak Lebih Menarik dan Cerah

Ilustrasi kombinasi warna hijau dan biru di rumah. Kombinasi dua warna ini dianggap menguntungkan menurut feng shui. SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Ilustrasi kombinasi warna hijau dan biru di rumah. Kombinasi dua warna ini dianggap menguntungkan menurut feng shui.

Adapun berikut beberapa aturan tentang pemilihan warna cat ruangan yang dapat menjadi referensi Anda. 

1. Gunakan aturan 60-30-10

Aturan 60-30-10 adalah pokok desain klasik yang perlu diingat, batu loncatan yang bagus untuk membuat skema.

Pada dasarnya, itu berarti memisahkan palet Anda dengan 60 persen sebagai warna utama, terlihat di sofa, meja kopi, karpet, atau apa pun yang besar dan sentral ke ruangan.

Adapun 30 persen adalah warna sekunder yang mengambil alih soft furnishing seperti gorden, seprai, kursi beraksen, dan sebagainya.

 

Baca juga: Cara Membersihkan Kaca Jendela dengan Cepat, Pakai Roller Cat

Akhirnya, 10 persen dimaksudkan untuk memberikan keseimbangan pada warna yang digunakan di ruang apa pun, digunakan pada elemen yang lebih kecil seperti lampu, bantal, karya seni.

Ini sangat berguna bagi mereka yang menginginkan banyak warna di rumah mereka tetapi tidak yakin bagaimana menyeimbangkannya. Menariknya, jika Anda lebih menyukai skema warna monokromatik, aturan ini juga bisa diterapkan.

Halaman:
Sumber Living Etc
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com