Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amankah Langsung Memakai Seprai Baru yang Belum Dicuci?

Kompas.com - 30/09/2022, 17:05 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada berbagai macam motif seprai yang bisa dipilih. Tak heran, membuat orang bingung memilih seprai yang terbaik dan beberapa sering mengganti seprai guna menyegarkan tampilan kamar tidur.

Ada seprai motif tumbuhan yang cocok dipadukan dengan desain kamar tidur bernuansa alam serta seprai motif garis hitam putih untuk desain kamar tidur monokrom.

Baca juga: Simak, 4 Tanda Harus Beli Seprai Baru

Ketika membeli seprai baru, masing-masing produk sudah dikemas dengan rapat untuk menjaga kualitasnya dan mencegah kerusakan.

Kemasan seprai yang cukup erat mungkin membuat beberapa orang mengira bahwa seprai sudah pasti dalam keadaan bersih sehingga aman bila langsung digunakan.

Akan tetapi, benarkah seprai baru boleh langsung dipasang di tempat tidur tanpa dicuci terlebih dulu?

Baca juga: Cara Tepat Mencuci Seprai Baru agar Bebas Bakteri dan Kuman

Ilustrasi seprai.SHUTTERSTOCK / Andriy Blokhin Ilustrasi seprai.

Chair of Textile/Surface Design Department di Fashion Institute of Technology, Nomi Dale Kleinman, mengatakan mencuci seprai baru bukan aturan yang harus diikuti, tetapi ia selalu menyarankan melakukannya.

“Produk tekstil mungkin memiliki bahan kimia yang menempel dari proses produksi, selain pati, yang digunakan untuk menjaga kain tetap segar saat dikirim, dikemas, atau dipajang di toko,” ujarnya dilansir Real Simple, Jumat (30/9/2022).

Kleinman melanjutkan, ada banyak langkah yang dilalui kain sebelum sampai ke tangan masyarakat. Bahkan, serat alami pun bisa terpapar potensi iritasi.

Baca juga: Perlukah Mencuci Seprai Baru Sebelum Dipakai?

Menurutnya, serat alami membutuhkan penggosokan dan pembersihan sebelum menjadi benang. Selanjutnya, pemintalan benang membutuhkan pelumas. Pati juga digunakan dalam proses menenun.

“Benang dan kain dapat membutuhkan penggosokan tambahan dengan produk sabun, natrium hidroksida, atau pemutihan untuk menerima warna dengan benar selama proses pencelupan atau pencetakan,” kata Kleinman. 

Baca juga: 4 Kesalahan Mencuci Seprai yang Bikin Cepat Rusak

Bagaimana jika seprai baru langsung digunakan?

Apabila seprai baru langsung dipasang tanpa dicuci terlebih dulu, kata Kleinman, hal ini baik-baik saja pada beberapa orang serta tidak melihat reaksi yang merugikan.

Akan tetapi, jika memiliki kulit sensitif, sisa-sisa bahan kimia dapat menyebabkan gatal atau iritasi kulit. Jadi, sebaiknya seprai baru dicuci dulu sebelum dipasang.

Saat mencuci seprai baru, Kleinman menyarankan umenggunakan detergen yang hipoalergenik serta bebas racun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com