Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tanaman Hias yang Ampuh Memurnikan Udara di Rumah

Kompas.com - 11/01/2023, 13:19 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias dalam ruangan adalah cara bagus membuat ruang lebih sehat, memurnikan udara, meningkatkan suasana hati, serta menurunkan tingkat stres.

Zach Morgan, ahli hortikultura dan berkebun di Fantastic Gardeners, ada beberapa tanaman hias yang dapat menghilangkan "racun" dari udara. 

Baca juga: 8 Manfaat Tanaman Syngonium, Pembersih Udara hingga Feng Shui Baik

"Media sosial penuh dengan pemilik tanaman yang senang membudidayakan sukulen dan philodendron. Tanaman ini dapat membantu meningkatkan ruang dan mengatasi masalah ini," katanya. 

Dilansir dari Express, Rabu (11/1/2023), berikut beberapa tanaman hias yang ampuh memurnikan udara di rumah. 

Tanaman laba-laba

Ilustrasi tanaman laba-laba atau spider plant atau lili paris. SHUTTERSTOCK/BOZHENA MELNYK Ilustrasi tanaman laba-laba atau spider plant atau lili paris.
Menurut pakar, tanaman laba-laba atau spider plant adalah salah satu tanaman paling mudah ditemukan dan dirawat sehingga cocok untuk pemula dan mereka yang sibuk. 

Ia lebih menyukai sinar matahari tidak langsung yang terang dan aman untuk hewan peliharaan karena tidak beracun. Pastikan menyiram tanaman beberapa kali seminggu. 

Menurut penelitian, tanaman laba-laba sangat bagus menghilangkan formaldehida, karbon monoksida, dan xilena dari udara sehingga membantu membersihkan udara di dalam ruangan. 

Selain itu, tanaman laba-laba dapat menyerap nitrogen dioksida secara efektif serta membantu menjaga udara tetap bersih dan segar.  

Baca juga: 3 Tanaman untuk Usir Energi Negatif di Kamar Mandi Menurut Feng Shui

Lidah mertua 

Selanjutnya, tanaman hias yang ampuh memurnikan udara adalah lidah mertua. Ahli mengatakan tanaman hias lidah mertua melepaskan oksigen ke udara sambil mengeluarkan "bahan kimia berbahaya".

Sebuah penelitian yang diterbitkan Universitas Harvard, Amerika Serikay, menyimpulkan lidah mertua adalah salah satu tanaman hias paling banyak menghasilkan oksigen, membantu Anda bernapas lebih baik, juga membuat tidur lebih nyenyak.

English ivy

Ilustrasi tanaman English Ivy, yang merupakan salah satu tanaman pembersih udara di rumah. SHUTTERSTOCK/ARTBACKGROUND Ilustrasi tanaman English Ivy, yang merupakan salah satu tanaman pembersih udara di rumah.
Zach menjelaskan English ivy adalah tanaman yang sangat mudah dirawat serta bagus untuk kamar mandi karena dapat menghilangkan jamur. 

Namun, tanaman hias ini beracun bagi kucing dan anjing peliharaan sehingga perlu menjauhkannya dari jangkauan hewan.

Berikan banyak air dan setidaknya beberapa jam sinar matahari langsung setiap hari. Tanaman English ivy juga dapat tumbuh subur di tingkat sinar matahari yang lebih rendah. 

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Dapat Menarik Keberuntungan di Rumah

Peace lily

Dikenal memiliki tingkat transpirasi tinggi. Artinya, ketika disiram, air bekerja lembur dan membantu mengembalikan kelembapan ke dalam ruangan, menjadikannya tanaman kamar tidur yang ideal.

Zach menambahkan, peace lily atau lili perdamaian juga mengurangi debu di dalam ruangan dan menghilangkan iritasi pada mata, hidung, dan mulut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com