Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/05/2023, 12:32 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur merupakan salah satu ruangan di rumah yang rentan kotor dan berantakan sehingga perlu membersihkannya secara teratur, termasuk kabinet atau lemari dapur.

Kabinet dapur dapat kotor terkena tumpahan makanan dan cipratan minyak. Dilansir dari Reader’s Digest, Rabu (10/5/2023), berikut cara membersihkan bagian dalam dan luar lemari dapur

Baca juga: Tips Menata Kabinet Dapur agar Rapi dan Sedap Dipandang

Kumpulkan peralatan

Ilustrasi lemari dapur.Shutterstock/Serghei Starus Ilustrasi lemari dapur.
Sebelum mulai membersihkan, tentukan peralatan dan bahan pembersih yang akan digunakan guna menghindari kerusakan pada permukaan lemari dapur. 

Jika membuat pembersih sendiri, cobalah bahan berikut ini.

  • Semua jenis kabinet: campurkan dua sendok teh cairan pencuci piring ringan ke dalam 3,7 l air hangat.
  • Lemari laminasi: Campurkan alkohol dan air hangat dengan perbandingan sama ke dalam botol semprot.
  • Semua bahan kabinet, kecuali laminasi: Campurkan cuka putih dan air hangat dengan perbandingan sama ke dalam botol semprot.
  • Lemari yang sangat berminyak: Tambahkan beberpa tetes cairan sabun pencuci piring ke dalam larutan alkohol atau cuka di atas. 

Jika lebih memilih menggunakan produk pembersih komersial, paki multi-surface cleaner dan tisu disinfektan.

Lakukan uji coba terlebih dahulu di area yang tidak mencolok jika guna memastikannya tidak merusak permukaan lemari dapur.

Baca juga: Ragam Material Terbaik untuk Kabinet Dapur

Bersihkan bagian atas kabinet

Ilustrasi dapur bergaya Skandinavia, kitchen set atau lemari dapur warna greige.SHUTTERSTOCK/TARTANPARTY Ilustrasi dapur bergaya Skandinavia, kitchen set atau lemari dapur warna greige.
Kotoran atau debu dari bagian atas akan berjatuhan ke lantai atau benda yang lebih rendah. Karena itu, mulai membersihkan lemari dapur dari bagian atas ke bawah. 

Mulailah menyedot debu di bagian atas kabinet atau membersihkannya dengan kain mikrofiber. Jika debu bercampur dengan minyak, Anda dapat mengikisnya menggunakan spatula plastik.

Semprot permukaan dengan campuran cuka putih dan air hangat dengan perbandingan sama atau menggunakan multi-surface cleaner.

Biarkan pembersih bekerja selama satu sampai dua menit, lalu seka dengan kain bersih. Ulangi pembersihan sesuai kebutuhan.

Baca juga: 5 Benda yang Dapat Diletakkan di Atas Kabinet Dapur

Bersihkan bagian dalam kabinet

Kosongkan kabinet, pindahkan semua barang ke lokasi yang bebas debu. Bersihkan dengan penyedot debu atau seka bagian dalam kabinet untuk menghilangkan debu serta partikel makanan.

Bersihkan bagian luar kabinet

Semprot atau seka bagian luar pintu kabinet dengan larutan pembersih, seka dengan kain mikrofiber setelah didiamkan selama satu sampai dua menit, kemudian seka dengan kain lembap.

Baca juga: Simak, Ini Cara Membersihkan Kenop Pintu Kabinet Dapur 

Bersihkan kenop dan tarikan laci

Kenop, gagang, dan tarikan laci adalah bagian kabinet yang paling sering disentuh. Karena itu, jangan lewatkan bagian tersebut saat pembersihan.

Untuk membersihkan debu dan kotoran dari sudut dan celah yang sulit dijangkau, gunakan sikat gigi atau kapas yang dicelupkan ke dalam larutan pembersih.

Namun, berhati-hati jika perangkat keras kabinet dapur terbuat dari logam, seperti tembaga, kuningan, atau perak. Bahan-bahan tersebut mungkin memerlukan perawatan khusus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com