Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/05/2023, 09:37 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam tanaman sayur dan buah sendiri bisa memberi banyak keuntungan, salah satunya bisa dikonsumsi 

Menanam tanaman sayur dan buah juga menjadi cara terbaik menyediakan makanan sehat serta segar untuk keluarga.  

Baca juga: 7 Tanaman Sayur Ini Tidak Boleh Ditanam Bersama, Kenapa?

Menanam tanaman di rumah tidak selalu membutuhkan lahan atau halaman yang luas. Anda bisa menanam sayuran dan buah di air.

Pasalnya, ada beberapa tanaman sayur dan buah yang tumbuh di air. Jadi, Anda hanya membutuhkan wadah, air, dan sinar matahari yang cukup. 

Nah, disadur dari Rhythm of the Home, Rabu (10/5/2023), berikut beberapa tanaman sayur dan buah yang tumbuh di air.

Rosemary

Ilustrasi tanaman Rosemary. PIXABAY/SAMSEVENTS Ilustrasi tanaman Rosemary.
Rosemary adalah bahan pokok di banyak rumah tangga. Kabar baiknya, Anda bisa dengan mudah menanam tanaman herbal ini dari stek meski perlu beberapa saat untuk menumbuhkan akarnya.

Tanaman rosemary memiliki struktur kayu sehingga Anda mudah menyimpannya dalam wadah apapun. Pastikan meletakkan wadah rosemary di tempat cerah. 

Baca juga: Catat, 6 Tanaman Hias Ini Dapat Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Daun bawang 

Selanjutnya, tanaman sayur dan buah yang tumbuh di air adalah daun bawang. Tanaman sayur ini dapat ditanam sepanjang tahun di rumah. Tempatkan daun bawang dalam wadah dengan air yang cukup untuk menutupi akarnya.

Daun bawang tumbuh subur di tempat cerah dan ganti airnya setiap dua hari sekali.

Bawang putih 

Tanaman yang dapat tumbuh di air lainnya adalah bawang putih. Namun, jika memiliki pengalaman berkebun, Anda mungkin tahu bahwa bawang putih tidak terlalu ramah bagi pemula.

Namun, bawang putih mudah ditanam di dalam wadah berisi air, bahkan di dalam gelas. Aspek utamanya adalah air harus berada pada level yang sama dengan siung.  

Baca juga: Ingin Menyiram Tanaman Sukulen? Perhatikan Hal Ini Dulu

Serai

Ilustrasi tanaman serai di pot. SHUTTERSTOCK/TRAVEL_MASTER Ilustrasi tanaman serai di pot.
Batang serai mudah ditanam di dalam gelas berisi air. Anda harus meletakkan wadah tersebut di dekat jendela atau area lain yang cukup terang di rumah.

Selama mengganti airnya setiap hari, batang serai akan tumbuh cepat. Setelah kurang-lebih tujuh hari, Anda akan melihat akar, kemudian tangkai tersebut akan menumbuhkan batang-batang cabang. Ini bisa langsung digunakan atau menanamnya di tanah.  

Baca juga: 7 Tanaman Berdaun Besar yang Cantik dan Mudah Dirawat

Alpukat

Banyak orang mulai menanam pohon alpukat. Jika ingin membuat tanaman alpukat sendiri, Anda membutuhkan biji dari buahnya.

Setelah membersihkannya, tusuk dengan tusuk gigi dan gunakan untuk menggantung sebagian di dalam wadah dan ganti air sesering mungkin.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com